PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA FKIP UNIGHA TANDA TANGAN IA (IMPLEMENTATION AGREEMENT) DENGAN PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA FKIP USM

admin Berita

unigha

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jabal Ghafur telah melakukan penandatanganan Perjanjian Implementasi Agreetment (IA) dengan Program Studi yang serupa di Universitas Serambi Mekkah. Tindakan ini merupakan langkah strategis untuk memperkuat hubungan kerjasama antara kedua institusi pendidikan tersebut. Hayatun Rahmi, M.Pd, selaku Ketua Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Universitas Jabal Ghafur, bersama dengan Junaidi, M.Pd, yang mewakili Unit Penjaminan Mutu Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Universitas Serambi Mekkah, menjadi penandatangan perjanjian ini. Kerjasama ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas pendidikan dan penelitian di kedua universitas tersebut.

Penandatanganan Perjanjian Kerjasama telah dilangsungkan pada tanggal 6 Juli 2024 di Kampus Universitas Jabal Ghafur. Acara ini dihadiri oleh Ketua Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) serta beberapa dosen dari PBSI Universitas Jabal Ghafur Pidie, termasuk Ibu Nofiana S, M.Pd., Vera Wardani, M.Pd., dan Eva Sulastri Sagita, S.Pd., M.Pd. dari institusi tersebut, serta Junaidi, M.Pd. dari Unit Penjaminan Mutu PBSI Universitas Serambi Mekkah. Fokus kegiatan ini adalah "Kolaborasi dalam Penelitian dan Pengabdian Masyarakat untuk Meningkatkan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia."

Ketua Program Studi PBSI Universitas Jabal Ghafur  memberikan sambutan positif terhadap kedatangan dosen dari Universitas Serambi Mekkah untuk menandatangani perjanjian kerjasama ini. Harapannya, kerjasama ini akan membuka peluang bagi mahasiswa dan dosen Universitas Jabal Ghafur untuk berkolaborasi dalam menjalankan misi Tri Dharma Perguruan Tinggi. Kerjasama ini juga diharapkan dapat meningkatkan kapasitas mahasiswa PBSI dalam hal penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

Pihak Unit Penjaminan Mutu PBSI Universitas Serambi Mekkah berharap agar kerjasama yang disepakati dapat diimplementasikan sesuai rencana dan segera dilaksanakan sesuai dengan ketentuan dalam perjanjian ini. Mereka juga berharap kerjasama ini dapat berjalan secara berkelanjutan dan saling mendukung, guna meningkatkan kemampuan mahasiswa, terutama dalam pengembangan karya ilmiah dan riset bagi dosen dan mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Jabal Ghafur . Selain itu, mereka juga terbuka untuk menjalin kerjasama dengan program studi lain dari Universitas Jabal Ghafur di masa yang akan datang.

Acara berlangsung dengan lancar dan ditutup dengan sesi foto bersama. Harapan  kerjasama ini tidak hanya memberikan dampak positif, tetapi juga memberikan manfaat yang berkelanjutan bagi kedua belah pihak yang terlibat. Kerjasama ini diharapkan dapat memperkuat hubungan antar institusi dan membuka peluang baru untuk kolaborasi yang lebih luas di masa depan. Semoga kerjasama ini dapat mencapai tujuan bersama yang telah disepakati dan memberikan kontribusi yang berarti bagi masyarakat secara umum.

Penulis: Hayatun Rahmi