FKIP UNIGHA GELAR KULIAH UMUM Strategi Sukses Publikasi Ilmiah Terindeks Scopus

admin Berita

unigha

Pada tanggal 6 Juni 2024, Program Studi Pendidikan Fisika, Pendidikan Biologi, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, serta Pendidikan Sejarah berkolaborasi menyelenggarakan kuliah umum bertajuk “Strategi Sukses Publikasi Ilmiah Terindeks Scopus”  Acara ini menghadirkan dua narasumber terkemuka, yaitu Dr. Agung Setia Batubara dari Universitas Negeri Medan dan Prof. Rahmah Fithriani, S.S., M.Hum., Ph.D. dari Universitas Islam Sumatra Utara.

unigha
Acara yang dihadiri oleh  Dekan FKIP, Para Ka. Prodi di lingkungan FKIP, sejumlah dosen dan serta mahasiswa, diselenggarakan secara hybrid di Aula Nurdin AR, Kantor Yayasan Pembangunan Kampus Jabal Ghafur.
Acara di awali dengan sambutan Dekan FKIP Universitas Jabal Ghafur Dr. Jamaliah, M.Pd,  menyampaikan pentingnya publikasi dalam jurnal Scopus sebagai tolak ukur kualitas dan kredibilitas penelitian akademik. Dengan menyoroti prestise publikasi di jurnal terindeks tersebut sebagai bagian dari pencapaian akademik, dekan berharap melalui  kuliah umum diharapkan memberikan manfaat yang besar bagi semua peserta dalam meningkatkan kualitas dan produktivitas penelitian.

unigha
Dalam kuliah umum ini, Dr. Agung Setia Batubara memaparkan berbagai strategi untuk meningkatkan kualitas dan visibilitas publikasi ilmiah sehingga dapat diterima di jurnal-jurnal yang terindeks Scopus. Beliau menekankan pentingnya pemilihan topik yang relevan dan menarik, penyusunan metodologi yang kuat, serta penulisan yang sesuai dengan standar internasional.
Sementara itu, Prof. Rahmah Fithriani, S.S., M.Hum., Ph.D memperkenalkan berbagai metode penelitian yang digunakan dalam humaniora dan Memberikan strategi praktis tentang bagaimana menulis artikel ilmiah yang jelas, dan bermutu tinggi dalam konteks humaniora, serta strategi untuk memilih jurnal yang tepat untuk publikasi.

unigha
Kegiatan ini diakhiri dengan diskusi aktif dan diharapkan dapat memberikan wawasan dan motivasi bagi dosen dan mahasiswa dalam meningkatkan kualitas karya ilmiah mereka, serta mampu bersaing di tingkat global melalui publikasi di jurnal-jurnal terindeks Scopus.

Dengan suksesnya acara ini, diharapkan ada peningkatan jumlah publikasi ilmiah dari civitas akademika yang dapat berkontribusi pada pengembangan ilmu pengetahuan dan reputasi institusi di kancah internasional.

Penulis :  Ulil Azmi, S.Si., M.PFIS