2 Mahasiswa Unigha Lolos Maju ONMIPA-PT Tingkat Nasional

admin Berita

Mahasiswa Program Studi Pendidikan Fisika dan Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Jabal Ghafur, Maulani dan Irfan Tidamsir,  berhasil menorehkan prestasi dengan lolos ke tingkat Nasional dalam Olimpiade Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Perguruan Tinggi (ONMIPA-PT) yang diselenggarakan oleh Badan Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI), Pusat Prestasi Nasional, Sekretaris Jendral Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.


Kompetisi ONMIPA-PT merupakan salah satu ajang bergengsi bagi mahasiswa perguruan tinggi di Indonesia yang menunjukkan kemampuan dan potensi dalam bidang matematika dan ilmu pengetahuan alam. ONMIPA-PT terdiri dari empat bidang yaitu Matematika, Fisika, Kimia, dan Biologi. Seleksi ONMIPA-PT dimulai dari tingkat Universitas. Sebanyak masing-masing lima mahasiswa dari tiap bidang berhak mengikuti seleksi tingkat wilayah.  Pemenang tingkat wilayah yang  akan dikirim untuk mengikuti ONMIPA-PT di tingkat Nasional di  Universitas Hasanuddin, Makassar yang menjadi tuan rumah pada tahun 2024.

Maulani dan Irfan,  sapaan akrabnya, mencapai prestasi ini setelah melalui persaingan ketat dalam babak penyisihan tingkat regional yang diikuti oleh mahasiswa-mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi,  dengan tekad dan kerja kerasnya, Maulani dan Irfan berhasil menunjukkan kemampuannya dan  berhak mewakili wilayah dalam ONMIPA-PT tingkat nasional.
Mulia Rahmi., S.Pd., M.Pd, Ervina Dewi S.Si., M.Pd dan Atiah., S.Pd., M.Si selaku dosen pembimbing mengungkapkan kebanggaannya terhadap prestasi yang diraih mahasiswa. “Pencapaian Maulani dan Irfan merupakan bukti nyata dari komitmen program studi dan universitas dalam mendukung pengembangan potensi mahasiswa dalam berbagai bidang. Kami sangat bangga atas capaian ini, yang dapat membawa nama universitas di tingkat nasional.”

unigha

Maulani dan Irfan sendiri merasa bersyukur atas kesempatan yang diperolehnya ini. “Saya merasa sangat bersyukur dapat lolos ke tingkat nasional. Saya akan terus belajar dan berlatih untuk memberikan yang terbaik”, pungkas salah satunya.
ONMIPA-PT tingkat nasional ini akan menjadi pengalaman  baru dan tentunya tantangan yang tidak mudah bagi Maulani dan Irfan. Namun, semangat dan dedikasi yang dimiliki diharapkan akan membawa meraih prestasi yang terbaik. Semoga Maulani dan Irfan dapat terus menginspirasi mahasiswa lainnya untuk berani bermimpi besar dan menggapai prestasi di kancah nasional maupun internasional.

Penulis : Mulia Rahmi, M.Pd