MAHASISWA PRODI FISIKA STUDI TOUR KE BMKG MATA IE

admin Berita

31/5/2023 Mahasiswa Program Studi Pendidikan Fisika Universitas Jabal Ghafur  didampingi dosen Drs. Hamdi, M.Pd, Dr. Ilyas, M.Pd., dan Ibu Mulia Rahmi, S.Pd., M.Pd berkunjung ke Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Geofisika Aceh Besar. 

unighaaa

Kunjungan diawali dengan penerimaan dan sambutan hangat Kepala dan Staf BMKG Stasiun Geofisika Aceh Besar. Kepala BMKG Stasiun Geofisika Aceh Besar Bapak Andi Azhar Rusdin, S. Si., M. Sc. menyampaikan bahwa kolaborasi dan pertukaran ilmu antara lembaga pendidikan dan instansi pemerintah sangat penting untuk pengembangan meteorologi, pemodelan iklim, analisis data geofisika, serta teknologi dan peralatan terbaru yang digunakan dalam bidang ini khususnya bagi mahasiswa Pendididikan Fisika. Di akhir sambutan Bapak Andi kunjungan ini akan menjadi kesempatan yang berharga bagi para dosen dan mahasiswa Prodi Fisika Universitas Jabal Ghafur Sigli untuk memperluas wawasan mereka dalam bidang ilmu meteorologi, klimatologi, dan geofisika. Kami juga berharap kolaborasi ini akan memperkuat hubungan antara BMKG Stasiun Geofiska Aceh Besar dan Universitas Jabal Ghafur Sigli serta membuka jalan bagi kerjasama lebih lanjut di masa depan.

Muhammad Saiful, S.Pd.,M.Pd. Ketua Program Studi Pendidikan Fisika Unigha mengucapkan terima kasih sebesar besarnya atas sambutan yang luar biasa menyambut Dosen dan Mahasiswa Pendidikan Fisika kami ke kantor BMKG Stasiun Geofisika Aceh Besar. “Kami merasa sangat terhormat dan beruntung telah diberikan kesempatan untuk belajar dan berbagi pengetahuan dengan para ahli dan praktisi yang sangat berpengalaman di bidang meteorologi, klimatologi, dan geofisika yang sudah menyampaikan pembelajaran yang disampaikan oleh Bapak Zainal Bidang Oprasional di BMKG stasiun geofisika Aceh Besar,imbuhnya.

Saiful menambahkan “Kunjungan ini telah memberikan kami wawasan yang sangat berharga dan memperkaya pemahaman tentang berbagai ilmu pengetahuan yang relevan khususnya kepada Mahasiswa Prodi Pendidikan Fisika dan para Dosen Unigha. Saiful mengapresiasi keramahan dan dedikasi yang ditunjukkan oleh seluruh staf BMKG stasiun geofisika Aceh Besar dalam mengatur presentasi, diskusi, dan mahasiswa sangat antusias dengan penjelasan dan penggunaan touchscreen real-time untuk mengetahui episentrum gempa terkini dan episentrum gempa yg telah lalu yang sangat luar biasa. Semua kegiatan ini telah memberikan kami pemahaman yang lebih baik tentang metode pengamatan, analisis data, serta teknologi mutakhir yang digunakan dalam bidang ini”.

unighaaa

Selain itu juga kami mengucapkan terima kasih kepada Kepala BMKG Stasiun Geofisika Aceh Besar yang Sudah memberikan di akhir materi yang di sampaikan Oleh Bapak Zainal Bidang Oprasional di BMKG Aceh Besar berupa Uji Kuis kepada Mahasiswa pada Prodi Fisika Universitas Jabal Ghafur dan dari 20 perwakilan mahasiwa yang mendapatkan bingkisan nyaitu 3 mahasiwa yang menjawab dengan nilai tertinggi dan mendapatkan hadian berupa tas dari BMKG stasiun geofisika aceh besar.
Kegiatan di akhri dengan foto bersama (Muhammad Saiful, S.Pd., M.Pd)

unighaaa