Unigha Gelar Bimtek Pengembanhan Startup dan Teknik Pengajuan Paten

admin Berita

Unigha

Rabu, 4 Mei 2023. Universitas Jabal Ghafur menyelenggarakan kegiatan Bimbingan Teknis Pengembangan Startup dan Teknik Pengajuan Paten Kegiatan yang dilaksanakan di Gedung Leuguna Universitas Jabal Ghafur.
Tujuan dilaksanakannya Bimbingan Teknis ini adalah pengembangan dan pemetaan potensi startup dan mendorong pengajuan paten di lingkungan Universitas Jabal Ghafur.

Unigha

Kegiatan BIMTEK ini menghadirkan narasumber Rektor Universitas Jabal Ghafur Prof. Dr. Bansu I Ansari, M.Pd, Makmur CEO Dimila.co dan Muhammad Nur, S.E., M.Si., Dosen Fakultas Ekonomi Universitas Jabal Ghafur. Turut hadir dalam kegiatan ini Wakil Rektor I Dr. Rahmi Agustina, M.Si. Wakil Rektor III Dr. Amirzan, M.Pd. , kepala LPM Unigha Herizal, SE, M.M., Kepala LPPM Mustakim Sagita, M.Pd. Sejumlah Dosen dan Mahasiswa di lingkungan Universitas Jabal Ghafur.

Kegiatan Bimbingan teknis ini dibuka oleh Wakil Rektor III Dr. Amirzan, M.Pd. Dalam sambutannya, Warek III menyampaikan bahwa kegiatan ini adalah bentuk upaya Perguruan Tinggi untuk meningkatkan pemahaman terkait Pengembangan Startup dan Teknik Pengajuan Paten di Lingkungan Unigha.  Serangkaian kegiatan bimtek ini  dimulai dengan pemateri pertama mengenai “Teknik Penyusunan dan Pengajuan Paten. Prof Bansu menjelaskan terkait penyusunan draf paten, mengenai kekayaan intelektual, manfaatnya bagi dosen sebagai peneliti dan konsep tentang bagaimana membuat dokumen paten dari hasil penelitian yang telah dilakukan. Prof Bansu mengajak juga para dosen untuk mendokumentasikan karya penelitiannya untuk diajukan paten agar karya penelitian tersebut dapat bernilai.

Unigha

Sesi kedua dilanjutkan dengan Makmur Dimila, menyampaikan startup merupakan bisnis yang mengandalkan teknologi sehingga sangat membantu meningkatkan pertumbuhan bisnis. Mansur juga mengajak mahasiswa untuk berani menghadapi tantangan dengan membuat strategi bisnis yang tepat agar usahanya tetap bertahan dan berkembang dengan baik.

Unigha

Narasumber ketiga, Muhammad Nur memotivasi dan mengingatkan mahasiswa yang berwirausaha juga berkesempatan mengikuti pendanaaan hibah penelitian maupun Program Pembinaan Mahasiswa (kewirausahaan) yang diselenggarakan Kemendikbudristek, Melalui Program2  ini mahasiswa dapat mengembangkan usaha yang sedang dirintis yang selanjutnya dapat berproses dalam menggapai capaian yang lebih hebat baik dari kualitas produk dan pemasaran di masa akan datang. Muhammad Nur  dalam paparannya juga mengajak mahasiswa untuk lebih inovatif, kreatif, dan produktif  dalam berwirausaha.

Penulis: Ulil Azmi, S.Si., M.PFis/ Humas Unigha