Unigha Wisudakan 311 Mahasiswa Progam Sarjana dan Diploma Tahun Ajaran 2022/2023

admin Berita

Unigha

Sabtu, 18 Maret 2023 Universitas Jabal Ghafur menggelar Rapat Senat Terbuka dalam rangka Wisuda Sarjana dan Diploma lll Tahun Akademik 2022/2023. Dalam Wisuda kali ini Unigha melepaskan 311 wisudawan, yang terdiri atas 298  lulusan Program Sarjana dan 13 orang lulusan Diploma III. Wisuda ke XXX ini mengusung Tema: Menciptakan Generasi Kreatif dan Inovatif di Era Digital dengan Tetap Mengedepankan Akhlak Mulia.

Turut mendampingi Rektor dalam kegiatan wisuda yaitu Sekretaris Senat T Yasman Saputra, S.H., M,H, dan para anggota senat, ikut hadir sebagai tamu kehormatan, Bapak Pj. Bupati Pidie Ir. Wahyudi Adisiswanto, M.Si., Pembina, Pengawas,  dan para pengurus Yayasan Pembangunan Kampus Jabal Ghafur, Ibu Istri Alm. Nurdin AR Pendiri Universitas Jablah Ghafur  Hj. Tjut Rosminar, Wakil Ketua YPKJG Ibu Diana Devi, B.H. Sc., M. Pd., Sekretaris YPKJG Bapak Drs. Rusli Daud, M.M., Bapak Nasrul Syam, S.H,. Seementar dari Instansi LLDIKTI Wilayah XIII Aceh dihadiri oleh Kepala Bagian Umum LLDIKTI XIII Bapak Drs.Najib. M.Pd. yang didampingi oleh Ketua Tim Pokja Tata Usaha dan Humas Syafi'i, S.E, M.Si. Dalam jejeran tamu undangan juga hadir Ketua DPRK Pidie, sejumlah pejabat di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Pidie dan Pidie Jaya, sejumlah ketua lembaga independent, tokoh alumni, serta  para tamu undangan lainnya.

Prof Bansu dalam laporannya menyampaikan jumlah  Wisudawan tersebut terdiri dari 6 Fakultas yaitu: 34 orang lulusan Fakultas Ekonomi; 36 orang lulusan Fakultas Hukum; 17 orang lulusan Fakultas Pertanian; 63 orang lulusan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan; 132 orang lulusan Fakultas Teknik ; 29 orang lulusan Fakultas Ilmu Administrasi dengan Predikat Cumlaude berjumlah 20 orang.Lebih lanjut dalam sambutannya Prof Bansu menyampaikan dalam 10 tahun terakhir Unigha telah menghasilkan kurang lebih 15 ribuan lulusan dari berbagai disiplin ilmu yang tersebar di seluruh pelosok nusantara, bahkan ada yang di luar negeri untuk mengabdikan diri sesuai dengan disiplin ilmu masing-masing di berbagai instansi baik pemerintah maupun swasta. 

Unigha terus berupaya meningkatkan kualitas mutu lulusan seiring dengan peningkatan kualitas pelaksanaan tri dharma perguruan tinggi,  terkait hal tersebut Unigha patut berbangga karena di bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat Unigha sudah menduduki Klaster Madya, di mana salah satu penilaiannya adalah atas banyaknya penelitian dan publikasi yang dilakukan oleh dosen, dalam tahun 2022 Unigha juga telah memenangkan sebanyak 18 hibah Penelitian dan Pengabdian kepada masyarakat, dan sejumlah hibah di bidang kemahasiswaan serta pengembangan sarana pembelajaran. Beliau memberi apresiasi kepada seluruh dosen yang telah giat melakukan Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat.

Unigha
Prof. Bansu menambahkan  wisuda pada hari ini keluarga besar Unigha semakin bertambah, dan kita berharap penambahan ini hendaknya akan semakin mengharumkan nama besar Unigha di masyarakat. Prof. Bansu mengingatkan bahwa keharuman nama almamater tidak diukur hanya dengan parameter kesuksesan wisudawan di dalam masyarakat  semata, tetapi juga dari seberapa besar kontribusi lulusan kepada almamater. Oleh karena itu Universitas Jabal Ghafur sebagai almamater senantiasa menanti kontribusi nyata para wisudawan. Sebab kemanapun  wisudawan mengabdi tetap menjadi bagain yang tidak terpisahkan dari universitas Jantung Hati Rakyat Pidie ini.

Sementara itu, Wakil Ketua Yayasan Pembangunan Kampus Jabal Ghafur , Ibu Diana Devi, B. H.Sc., M.Pd., pada awal sambutan mengucapkan selamat kepada Para Wisudawan/i semoga ilmu dan keterampilan yang didapatkan dapat bermanfaat bagi nusa dan bangsa dan tetap menjadi kebanggaan orang tua, beliau menyapaikan wisuda adalah akhir dari pendidikan formal, tapi bukan akhir dari kegiatan belajar, untuk itu para wisudawan selalu menjaga reputasi dengan belajar dan momentum wisuda ini menjadi gerbang menuju sains luas yang tidak terbatas. di akhir sambutannya menyampaikan harapan kepada seluruh wisudawan untun tetap menjaga silaturrahmi dengan Universitas Jabal Ghafur dan tetap menjaga nama baik almamater.

Mewakili Pimpinan LLDIKTI Wilayah XIII Aceh bapak Drs.Najib. M.Pd dalam sambutannya meyampaikan sebagaimana kita ketahui kemajuan dan perkembangan Pendidikan tinggi begitu cepat dengan berbagai kebijakan dan regilasi yang dihadirkan sehingga dituntut PTS khususnya untuk dapat mengikuti kebijakan dan regulasi yang  ditetapkan oleh Kemenristekdikti. Bapak Nadim menggaungkan MBKM yang merupakan program yang harus di sahuti karena kondisi negara kita saat ini tingkat partisipasi angka pencari kerja sanggat tinggi dan terus bertambah, oleh karna itu , MBKM dapat menjadi solusi dimana mahasisiwa dapat mengikuti pendidikan diluar kampus utamanya untk mendapatkan keterampilan lebih, sehingga dapat memudahkan mahasiswa mendapatkan pekerjaan sebagai salah satu indokator yang di tuntut pada IKU Perguruan tinggi. 

Najib juga mengajak para wisudawan untuk tidak hanya menggantung pada pemerintah semata, karena rasio penerima ASN sangatlah sidikit, oleh karena diharapkan kepada para wisudawan untuk kreatif dan inovastif dalam bidang kewirausahaan untuk mengurangi angka pengangguran dimasa akan datang.Wisuda kali ini lebih khidmat dan pe uh makna karena kehadiran PJ. Bupati Kabupaten Pidie Ir. Wahyudi Adisiswanto, M.Si.,. Dalam sambutannya antara lain beliau menyampaikan bahwa terkait dengan pengembangan suatu konsep terdapat tiga level pengembangan, yakni pengembangan teknis, pengembangan taktik, dan pengembangan strategis, untuk itu beliau mengajak para wisudawan untuk berada pada level Strategis tidak lagi berada pada level teknis dan taktis karena lulusan Perguruan Tinggi berada pada level intelektual tertinggi sehingga mampu berfikir strategis  untuk kepentingan nasional.

Wisuda kali ini juga diisi testimoni oleh Miss Allena Chernysheva, seorang akademisi lulusan Volgograd State University Russia. Miss Allena menyampaikan hari ini adalah hari yang penting untuk semua wisudawan, pera dosen dan orangtua para intelektual baru yang telah menyelesaikan tugas mulianya, Miss Allena mengajak parawisudawan untuk menggapai cita-cita, jangan pernah berbalik arah dari tujuan yang di capai. Di akhir testimoni Miss Allena mengucapkan selamat dan sukses kepada para wisudawan.

Penulis : Humas / Ulil Azmi, S.Si., M.P.Fis.