Karya Inovasi Teknolongi Tepat Guna Mahasiswa Unigha Lolos Tingkat Provinsi

admin Berita

Mahasiswa Universitas Jabal Ghafur ikut serta pada Lomba Inovasi Teknologi Tepat Guna Kabupaten Pidie 2023 yang di selenggarakan oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Gampong (DPMG) Kabupaten Pidie. Lomba Inovasi TTG ini merupakan agenda tahunan yang  bertujuan untuk mendukung  masyarakat termasuk mahasiswa  untuk terus berkarya dalam menciptakan Alat Teknologi Tepat Guna yang ramah lingkungan dan memiliki nilai jual yang terjangkau. Kompetisi ini dilaksanakan untuk memilih pemenang yang akan di ikut sertakan pada tingkat provinsi.

Unigha

 
Mahasiswa dari Prodi Peternakan Fakultas Pertanian Universitas Jabal Ghafur Iqbal Fahmi dibimbing oleh Ir. Djoko Subagyo, M.Si. ikut menampilkan karyanya berupa Kotak Cerdas  Penetas Telur Otomatis yang berfungsi untuk peretas telur. Alat ini dirancang  sederhana dengan sistem pegerakan atau pembalikan telur secara otomatis dan mampu menetaskan telur dalam jumlah banyak. Inovasi terciptanya kotak cerdas ini berawal dari permasalahan peternak yang kesulitan dalam menetaskan telur secara alami yaitu dierami oleh induknya hanya bisa menetas sekitar 50%, dengan menggunakan alat ini hasil tetasan bisa mencapai 95.5 %, sementara induk ayam sendiri  bisa tetap produktif karena tidak harus mengerami.

Unigha
Sementara Itu, mahasiswa Prodi Teknik Informatika Syahril Ramadhana Kamal, Annida Salsabila, dan Nurmasyitah yang di bimbing oleh Zikrul Khalid, ST.MT. menampilkan karya berupa Alat Pendeteksi Kebocoran Gas menggunakan MQ-2 berbasis Mikrokontroler Arduino Uno, yang berfungsi sebagai pengontrol alat tersebut dan menggunakan Sensor Gas MQ-2. Alat ini bekerja pada saat sensor MQ-2 mendeteksi gas LPG pada udara normal. Sistem ini dirancang dengan menggunakan sensor gas MQ-2 yang berfungsi mendeteksi kebocoran gas pada perlengkapan kompor gas. Dan Alat tersebut juga telah berhasil direalisasikan dan bersifat portabel untuk melakukan deteksi dini terhadap kebocoran tabung gas LPG di ruang dapur.

Unigha
Kedua perwakilan dari Universitas Jabal Ghafur ini akan dikirim ke tingkat provinsi untuk mempresentasikan hasil karyanya.
Semoga ke depan semakin banyak mahasiswa Unigha yang kreatif dan inovatif sehingga dapat membawa perubahan positif bagi masyarakat banyak.

Penulis : Humas / Ulil Azmi, S.Si., M.P.Fis.