Mahasiswa Prodi Agribisnis Unigha Magang di Koperasi Baitul Qiradh Baburrayyan Aceh Tengah

admin Berita

kkn

Takengon. Sabtu 28 Januari 2023. Dalam Rangka mewujudkan kurikulum berbasis MBKM, Universitas  Jabal Ghafur telah menandatangani MoU dan MoA dengan Koperasi Baitul Qiradh Baburrayyan Takengon. Kegiatan tersebut dihadiri oleh Rektor Prof. Dr. Bansu I. Ansari, M.Pd. Wakil Rektor III Dr. Amirzan, M.Pd., Para Dekan di lingkungan Unigha dan Dosen Program Studi Agribisnis. Salah satu agenda kerjasama adalah pemagangan mahasiswa ke Koperasi tersebut. Berkaitan dengan hal itu Program Studi Agribisnis Unigha menempatkan mahasiswanya sebanyak 11 mahasiswa di Koperasi Baitul Qiradh Baburrayyan Aceh Tengah. 

kkn
Ketua koperasi Baitul Qiradh dalam sambutannya hangatnya mengucapkan selamat datang kepada  seluruh mahasiswa perserta magang Unigha, semoga bisa bergabung dan bisa ikut berpartisipasi dengan baik selama magang di KBQ Baburrayyan. Koperasi ini bergerak dalam bidang ekspor kopi arabika ke luar negeri terurama ke USA. Sejak mulai dari pembelian biji kopi sampai dengan pengolahan dengan menggunakan mesin canggih sehingga menghasilkan biji kopi yang berkualifait yang siap di ekspor ke luar negeri, demikian jelas bapak Ridwan Husin. Manfaat yg dapat dipetik oleh mahasiswa  selama magang adalah belajar  bagaimana menghasilkan biji kopi yg bisa diekspor dan yang tidak bisa. Mereka juga belajar membuat bubuk kopi dan strong wine yaitu kopi cair dari bijinya yang siap dipasarkan dengan  kemasannya yang menarik.


Sementara itu Prof Bansu dalam sambutannya memberikan apresiasi sebesar-besarnya kepada seluruh jajaran Koperasi Baitul Qiradh Baburrayyan yang telah menerima  mahasiswa untuk magang. Beliau berharap melalui magang ini  mahasiswa dapat belajar dengan sungguh-sungguh agar dapat mengimplementasikan ilmu yang didapatkan pasca magang.

kkn

Setelah penandatanganan MoU dan MoA pihak KBQ Baburrayyan mengajak serta para tamu untuk melihat langsung pengolahan kopi arabika yang di olah dan di produk sebelum di eksport ke luar negeri. Dalam arahannya Bapak Muhammad Charis selaku manager  menyampaikan beberapa produk yang diperjual belikan baik lokal dan luar negeri. Harapannya untuk mahasiswa Agribisnis agar bisa menjadi wiraswasta dikemudian hari yang berguna untuk masyarakat.

Penulis : Humas / Ulil Azmi, S.Si., M.P.Fis.