PENDAMPINGAN PEMBUATAN MEDIA BELAJAR BIOLOGI BERBAHAN DASAR BARANG BEKAS DI SMAN I MILA KECAMATAN MILA KABUPATEN PIDIE

admin Berita

Program studi Pendidikan Biologi Kembali mengadakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dengan tema Pendampingan Pembuatan Media Belajar Biologi Berbahan Dasar barang Bekas. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 14, 21 dan 26 November 2022 di SMA Negeri I Mila Kecamatan Mila Kabupaten Pidie.

Kegiatan pendampingan ini merupakan tindak lanjut dari Kerjasama (MoA) antara Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Jabal Ghafur dengan SMA Negeri I Mila Kabupaten Pidie yang dilaksanakan pada tanggal 8 November 2022.

Tema ini diangkat dengan tujuan mengedukasi siswa tentang perlunya menjaga kelestarian lingkungan hidup, menumbuhkan kreativitas siswa dalam membuat  media pembelajaran dengan pemanfaatan barang bekas dan menanamkan nilai kepedulian terhadap kelestarian lingkungan dengan mengurangi resude limbah menjadi media pembelajaran yang bernilai akademis, praktis dan ekonomis dengan melakukan reuse terhadap limbah.

Pemanfaatan barang bekas sebagai media bukanlah hal yang baru dalam dunia pendidikan. Pemanfaatan barang bekas akan menjadi solusi utama bagi guru dalam menunjang proses pembelajaran, dimana cara mendapatkannya mudah dan tidak membutuhkan biaya yang mahal sehingga proses pembelajaran dapat berlangsung dengan efektif tanpa memberatkan salah satu pihak. 

Kegiatan tersebut di awali dengan penyampaian materi oleh Tim Pengabdian tentang pentingnya media belajar yang kreatif untuk mempermudah pemahaman materi. Dilanjutnya kegiatan pendampingan pembuatan media yang dilakukan oleh mahasiswa tingkat Akhir Prodi Pendidikan Biologi Universitas Jabal Ghafur. Media yang dibuat berupa media Virus, Sel, system eksresi dan system sirkulasi. Akhir kegiatan, setiap siswa diberi kesempatan untuk mempresentasi dan uji coba media yang telah dibuat di depan temas sekelasnya.

tampil

sma

Media yang dibuat

kkn

Presentasi untuk uji coba pemanfaatan media

hasil

 Foto bersama selesai pendampingan                     

rame rame

Foto bersama selesai acara dan penutupan

Selama kegiatan berlangsung, siswa menunjukkan antusias mereka dalam membuat media belajar. Kegiatan ini mendapatkan respon yang sangat baik dari pihak sekolah SMA Negeri I Mila Kabupaten Pidie serta siswanya. Pihak sekolah juga berharap akan adanya serangkaian kegiatan selanjutnya guna meningkatkan kreativitas dan kompetensi siswa.

Diharapkankan dengan adanya bantuan media barang bekas ini, dapat memberikan kemudahan dan menghilangkan kejenuhan siswa dalam proses pembalajaran. Kegiatan ini diharapkan dapat bermanfaat dalam mengembangkan berbagai alternative media sederhana yang kreatif dan berkesinambungan sedemikian rupa, sehingga mampu membantu anak didik tumbuh dan berkembang menjadi pribadi yang kritis, kreatif, mandiri, dan peduli terhadap lingkungannya. Dan membangun kerjasama antar guru dalam upaya mengembangkan berbagai media alternative yang kreatif,sederhana dan murah sebagai guru mandiri yang peduli dengan lingkungan sekitar sekolah dan masyrakat.

Penulis : Ervina Dewi, S.Si., M.Pd.