UNIGHA LAKSANAKAN PELEPASAN MAHASISWA PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)

admin Berita

kkn

Kegitan Pelepasan Mahasiswa Praktek Pengalaman Lapanban (PPL) Fakultas FKIP,  kegiatan ini di isi oleh 3 narasumber, Rektor Unigha Prof. Dr. Bansu I. Ansari, M.Pd., Wakil Rektor I Dr. Rahmi Agustina dan Dekan FKIP Jamaliah,M.Pd.

Dalam sambutan dan paparan Prof Bansu memberi penjelasan mengenai merdeka belajar yg diusung oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. Merdeka belajar dimaksud adalah siswa diberi kebebasan mengekspresikan pikiran, sikap dan skillnya dalan proses pembelajaran, misalnya kebebasan mencari bahan berbasis digital, kemudian mendiskusikannya bersama tim dalam group dgn mengedepankan kerjasama tim, disiplin, peduli, jujur dan tanggung jawab bersama dlm tim utk menyelesaikan tugas, kemudian  melalui komunikasi yg baik dipresentasikan dalam kelas. Kesemua tahap itu utk  mengoptimalkan keaktifan dan meminimalkan kepasifan siswa dlm belajar. Prof Bansu juga mejelaskan pembelajaran “ student centre learning" bukan berarti tanpa intervensi guru, gurulah yg menentukan tujuan belajar hingga tercapai, bukan hanya kognitifnya, tapi juga karakter dan skillnya.

Sementara itu, Warek I Dr. Rahmi Agustina, S.Si., M.Pd. menjelaskan lebih detil tentang Kurikulum Merdeka Belajar, sejarah terbentuknya, apa saja usaha-usaha yang harus ditempuh oleh pihak sekolah, baik kepala sekolah, guru, dan bahkan oleh mahasiswa PPL dalam menunjang kelncaran pembelajaran dengan mengaplikasikan kurikulum ini.

Selanjutnya Dekan FKIP Jamaliah, M.Pd. Menyampikan arahan dan  harapan kepada pada calon peserta PPL agar dapat melaksanakan program ini dengan baik dan tetap menjaga nama baik kampus Unigha.

Penulis :  Humas / Ulil Azmi, S.Si., M.Pfis.