PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA FKIP UNIGHA GELAR MOA DENGAN PROGRAM STUDI PEDIDIKAN MATEMATIKA (S1) DAN PROGRAM STUDI MAGISTER PENDIDIKAN MATEMATIKA(S2) USK

admin Berita

unigha

Kamis, 30 Juni 2022 bertempat di Aula Gedung Nurdin AR, Program Studi Pendidikan matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Unversitas Jabal Ghafur mengadakan kegiatan penanda tanganan MoA (Memorandum of Agreement) dengan Program Studi Pedidikan Matematika (S1) dan Program Studi Magister Pendidikan Matematika(S2) Universitas Syiah Kuala. MoA tersebut ditandangani oleh  Ketua Prodi Pendidikan Matematika, Muhsin, M.Pd, sementara dari USK ditandangani oleh ketua Program Studi S1 Pendidikan Matematika Dr. M. Ikhsan, M.Pd. FKIP Universitas Syiah Kuala dan Koordinator Prodi Magister Pendidikan Matematika FKIP Universitas Syiah Kuala, Dr.Drs Anwar,M.Pd.

unigha

unigha

Kedua belah pihak sangat menyambut baik penandatanganan MoA ini dan berharap dengan adanya  kerja sama ini akan memberi ruang bagi dosen dan  mahasiswa Unigha berkolaborasi dalam penyelenggaraan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Wakil Dekan FKIP Universitas Jabal Ghafur Dr. Safrizal, M.Pd. dalam sambutannya menyampaikan kerjasama yang telah disepakati ini hendaknya dapat terealisasi sebagaimana mestinya dan  segera ditindak lanjuti poin-poin yang terdapat dalam MoA tersebut sebagai bentuk implementasinya.

unigha

Kegiatan MoA ini juga di ikuti dengan kuliah umum dengan nara sumber Prof. Dr. Rahmah Johar, M.Pd dari Pasca Sarjana  pendidikan Matematika Universitas Syiah Kuala yang sekaligus ketua pusat riset STEM dengan tema "Menjadi  Guru yang Berinspirasi". Prof. Rahmah memaparkan   kiat untuk menjadi guru yang berinspirasi dalam memerankan perannya sebagai guru, yaitu dengan:

1. Menghadirkan Antusias (bergairah/bersemangat)

2. Menjalin hubungan baik dengan siswa.

3. Komitmen (memiliki rasa keterlibatan/keterikatan dan  loyalitas.

Lebih lanjut, beberapa strategi guru yang kreatif

1. Problem solving

2. Play more games

3. Read mini maths stories

4. Tell your own maths stories

5. Try some mathematical drama

6. Combine maths with visual arts

7. Get model  making

8. Run a match festival

9. Embed mastery

10. Don't forget STEM.

unigha

unigha

unigha

Dalam kesempatan ini juga ad sesi diskusi mengenai bagaimana implementasikan penugasan proyek utk tingkat SMP dan juga SMA. Beberapa aplikasi yg direkomendasikan untuk memberikan tugas proyek kepada siswa dapat menggunakan software geogebra reality, geogebra  dan juga sketchup. Kegiatan ini turut diramaikan oleh para dosen, mahasiswa, dan alumni prodi pendidikan Matematika Unigha.

unigha

Kegiatan berlangsung meriah  dan  diakhiri dengan foto bersama.

Penulis : Humas / Ulil Azmi, S.Si., M.P.Fis.