PERKUAT MUTU UNIGHA, LPM TELAH MENYELENGGARAKAN PELATIHAN AUDITOR AMI BERSAMA TIM LP3M USK

admin Berita

Sebagai wujud komitmen Universitas Jabal Ghafur menuju Unigha bangkit, Lembaga Penjaminan Mutu Unigha telah melaksanakan pelatihan dan sertifikasi Auditor AMI.  Kegiatan ini dilakukan selama 3 hari dari tanggal 27 s.d 29 Juni di Aula Gedung Nurdin AR. Kegiatan yang berlangsung secara luring ini bertujuan memenuhi ketersediaan Auditor AMI di Lingkungan Unigha bagi pelaksanaan AMI yang di lakukan setiap tahunnya. Setelah pembukaan yg dihadiri Rektor Unigha Prof. Bansu I. Ansari  pada 29 Juni 2022, penutupan kegiatan ini dihadiri Warek I Dr. Rahmi Agustina.

Serangakain kegiatan pelatihan ini meliputi pre-test, diikuti dengan pemaparan materi oleh Prof. Dr. Ir. Suhendrayatna, M. Eng.,DR. Ir. M. Aman Yaman. M. Agric., dan Nurlaili, S.Pd., M.Pd.. Pelatihan ini menuntun para calon Auditor AMI dalam menguasai siklus SPMI-PPEPP untuk menjaga dan meningkatkan mutu Unigha secara kontinu dengan berbagai strategi dan teknis dalam melampaui standar yang ditetapkan DIKTI. Kegiatan dilanjutkan dengan simulasi audit mutu internal dengan tujuan untuk melihat kesesuaian terlaksananya standar nasional pendidikan tinggi dan standar perguruan tinggi serta kesiapan akreditasi.

Proses audit berjalan dengan baik dan lancar dimulai dengan perkenalan para auditor, pengecekan dokumen keterlaksaan, wawancara, serta diskusi dan kesepakatan terhadap hasil yg didapatkan antara auditor dengan auditee. Simulasi diakhiri dengan penandatangan hasil audit dan berita acara. Simulasi dilakukan Prodi S1 Teknik Informatika Fakultas Teknik dan Prodi D3 Akuntansi Fakultas Ekonomi.  Sesi  terakhir dari pelatihan auditor audit mutu internal ini yaitu pelaksanaan post-test.

Dari penilaian yang dilakukan oleh narasumber dinyatakan 11 calon Auditor AMI Unigha dinyatakan lulus, 4 diantaranya lulus terbaik yakni: Herizal, S.E., M.M. dari Fakultas Ekonomi, Mirunnisa, M.Pd. Dari FKIP, Yuswardi, S.T., M.T. dari Fakultas Teknik, dan Ir. Khalidin, M.P. Dari Fakultas Pertanian.

unighaHerizal, S.E., M.M. dari Fakultas Ekonomi

unighaMirunnisa, M.Pd. Dari FKIP

unighaYuswardi, S.T., M.T. dari Fakultas Teknik

unighaIr. Khalidin, M.P. Dari Fakultas Pertanian.

Herizal, S.E., M.M., selaku ketua LPM Unigha menyampaikan harapan kepada tim pemateri untuk terus membimbing, baik secara langsung maupun secara virtual.

Sementara itu, Warek I dalam penutupannya menyampaikan terimakasih pada narasumber yang telah membimbing para Auditor AMI Unigha mudah- mudahan dengan ilmu yang didapatlan para Auditor AMI Unigha dapat menjalankan tugasnya dengan baik.

Penulis : Humas / Ulil Azmi, S.Si., M.P.Fis.