Prodi-prodi di FKIP Divisitasi oleh BAN-PT dalam Rangka Reakreditasi
oleh rahmats, 10 Desember 2014

visitasi fkip 2014_01

Universitas Jabal Ghafur (Unigha) dalam dua pekan ini menerima visitasi BAN-PT untuk proses akreditasi tiga Program Studi di lingkungan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP). Ketiga Prodi tersebut adalah Pendidikan Sejarah, Pendidikan Fisika dan Pendidikan Biologi.

Visitasi berlangsung dalam jangka waktu yang berbeda dengan asesor (Tim penilai) yang juga berbeda. Prodi Sejarah menerima kunjungan asesor tgl 28 November 2014, kedua asesor tersebut adalah Dr. Yety Rochwulaningsih M.Si. dari UNDIP dan Dr. Mohammad Iskandar, M.Hum. dari UI, keduanya disambut langsung oleh Dekan FKIP. Setelah disambut di ruang dosen Gedung Juree FKIP, penilaian terhadap kelengkapan borang akreditasipun segera dilakukan. Ibu nurasiah selaku Ketua Prodi Pendidikan Sejarah dengan sigap menjawab pertanyaan-pertanyaan dari ke 2 asesor sembari memperlihatkan kelengkapan administrasi yang memang sudah jauh-jauh hari beliau siapkan. Selain dengan ketua prodi wawancara juga dilakukan dengan pimpinan Fakultas, Dekan dan Pembantu Dekan I, para Dosen, sejumlah mahasiswa dan beberapa alumni. Visitasi yang berlangsung ketat dan serius berlangsung seharian, dari jam 9 pagi hingga jam 7 malam.

Program Studi Pendidikan Fisika mendapat giliran kedua dikunjungi tim asesor, yakni tanggal 1 Desember 2014. Asesor yang menilai kelengkapan borang akreditasi Fisika yaitu: Drs. Cari, Ph.D. dari UNS dan Dr. Mitrayana, M.Si. dari UGM. Sebagaimana Prodi Sejarah, pada visitasi Prodi Fisika juga Dekan turut mendampingi asesor diawal kedatangan, setelah itu baru kemudian didampingi oleh Ketua Prodi dan sejumlah dosen-dosen untuk mempertanggungjawabkan borang akreditasi fisika. Wawancara dengan Ketua Prodi, Dosen, Mahasiswa dan Alumni berlangsung akrab dan nyaman, visitasi berlangsung sampai dengan pukul 18.00 wib.

Program Studi Pendidikan Biologi mendapat kunjungan visitasi terakhir dari ketiga prodi yang divisitasi, yaitu tanggl 6 Desember 2014. Asesor yang memvisitasi yaitu Prof. Dr. Djukri, MS. dari UNY dan Prof. Dra. Okid Parama Astarin MS. Dari UNS. Visitasi berlangsung sangat ketat, asesor melakukan wawancara terpisah dengan Ketua Prodi, Dosen, Alumni, dan Mahasiswa dengan Pimpinan Fakultas (Dekan dan Pembantu Dekan I). Asesor menghendaki semua kelengkapan borang bisa ditunjukkan sehingga akan meningkatkan grade dari nilai akreditasi nantinya. Visitasi berlangsung serius namun tetap dalam suasana akrab, visitasi berakhir menjelang magrib.

Para Asesor yang datang tidak hanya memeriksa kelengkapan dokumen yang sudah dituliskan di borang, tapi juga memberikan masukan dan saran untuk meningkatkan nilai akreditasi kedepan, misalnya tentang visi dan misi yang harus lebih terarah, harus diadakannya kuliah umum dengan mengundang pakar dari luar, hendaknya prodi-prodi dilengkapi dengan Laboratoriumnya masing-masing termasuk Prodi Sejarah harus memiliki Lab, dan lainnya. Diharapkan masukan-masukan yang sudah disampaikan ke Prodi dan Dekan ini dapat dilaksanakan untuk meningkatkan nilai akreditasi Prodi-prodi yang ada di lingkungan Unigha.

visitasi fkip 2014_02 visitasi fkip 2014_03

Dekan dan segenap Civitas FKIP Unigha menerima
kedatangan Asesor di Ruang Dosen

Asesor sedang mewawancara mahasiswa dan alumni 
visitasi fkip 2014_04
visitasi fkip 2014_05

       Proses Serah Terima Berita Acara penilaian
          Buku III B olehDekan FKIP dan Asesor

         Proses Serah Terima Berita Acara penilaian
               Buku III A oleh KaProdi  dan Asesor
 

Share this :