UNIGHA Menandatangani MoU dengan Malaysia dan Singapura
oleh rahmats, 23 September 2014

mou unigha malaysia dan singapura 01

Delegasi Universitas Jabal Ghafur, Sigli bersama Dekan dan perwakilan dari Universiti Malaya, Kuala Lumpur

Universitas Jabal Ghafur (Unigha), Sigli melakukan kunjungan ke Universiti Malaya (UM), Kuala Lumpur dan Academia Australasia College (AAC), Singapura dalam rangka penandatanganan Kesepakan Kerjasama (MoU) dalam bidang pendidikan.

Delegasi Unigha terdiri dari Rektor, Prof. Dr. Bansu I. Ansari, M.Pd, didampingi oleh Pembantu Rektor I, Ir. Bukhari, MP, Pembantu Rektor III, Drs. T. Hasan Ben, M.Si, dan Pembantu Rektor IV, Diana Devi Nurdin AR, serta Dekan Fakultas KIP, Dekan Fakultas Teknik (S1), Dekan Fakultas Tehnik Non Gelar (D-3), Dekan Fakultas Ekonomi, Dekan Fakultas Hukum, Dekan Fakultas Ilmu Administrasi, dan Pembantu Dekan Fakultas Pertanian.

Dekan Fakulti Pendidikan Universiti Malaya, Prof. Madya. Dr. Mariani Binti Md. Nor serta beberapa pejabat di lingkungan fakulti pendidikan Universiti Malaya menyambut baik kerjasama antara kedua universitas ini, karena selain dapat memajukan pendidikan diantara kedua negara juga dapat meningkatkan akreditasi lembaga. Beliau mengharapkan program-program yang telah disepakati bersama dapat di implementasikan secara baik serta berkelanjutan dan dapat menguntungkan kedua belah pihak. Program-program yang telah disepakati antara Unigha-UM antara lain: 1. Pertukaran dosen, mahasiswa dan ataupun staf bidang akademik; 2. Kerjasama di bidang penelitian; 3. Kerjasama publikasi jurnal, laporan, informasi  dan lain-lain yang berhubungan dangan keperluan akademik; 4. Kerjasama saling membagi kegiatan, dan program yang saling menguntungkan kedua belah pihak.  Kegiatan kerjasama ini akan di awali dengan pelaksanaan kegiatan Seminar Internasional yang akan diadakan di Kampus Universitas Jabal Ghafur di Gle Gapui dan akan menghadirkan pakar-pakar dari Universiti Malaya.

Pada kesempatan yang sama Universitas Jabal Ghafur (Unigha) Sigli juga melakukan penandatanganan Kesepakatan Kerjasama (MoU) dengan Academia Australasia College

mou unigha malaysia dan singapura 02(AAC) Australia, yang ditanda tangani di Singapura (AAC merupakan cabang dari Australia). Dalam sambutannya Rektor menyampaikan, kesepakatan kerjasama ini dapat mempererat hubungan kedua negara khususnya dalam bidang memajukan pendidikan.  Dan berharap program-program yang telah disepakati dapat dilaksanakan dengan sungguh-sungguh dan menguntungkan kedua lembaga. Program kerjasama yang telah disepakati antara lain;


  1. Pertukaran Dosen dan Training yang berhubungan dengan kepentingan akademik kedua  belah pihak;
  2. Pertukaran  pengetahuan yang berhubungan dengan standar akademik dan akreditasi;
  3. Pertukaran Mahasiswa agar mendapatkan pengalaman baru dan;
  4. Bekerjasama dalam menyampaikan berbagai program dan rencana. 

mou unigha malaysia dan singapura 03Program perkuliahan dengan menggunakan sistem teleconference akan dilaksanakan khususnya bagi Fakultas Tehnik (S1) dan Fakultas Tehnik Non Gelar (D-3) Unigha. Mahasiswa Unigha yang berada di Sigli dapat mengikuti perkuliahan secara langsung (teleconference system) langsung dari Singapura. Mr. Edmund Direktur Academies Australasia College, Singapura menyambut baik kerjasama ini dan berharap dengan adanya kerjasama ini akan dapat meningkatkan akreditasi kedua lembaga.

Share this :