Pengabdian Masyarakat Universitas Jabal Ghafur
oleh rahmats, 23 April 2014

Pengabdian Unigha 2014_01

Gle Gapui – Universitas Jabal Ghafur mengundang guru-guru untuk mengikut Pelatihan Pembuatan Karya Ilmiah Berbasis PTK Bagi Guru SMA Se-Kabupaten Pidie. Kegiatan pelatihan yang diselenggarakan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Jabal Ghafur ini merupakan salah satu pengabdian masyarakat Universitas kepada masyarakat Pidie, dalam hal ini adalah guru-guru SMA dengan tujuan untuk mengenalkan lebih jauh tentang penelitian, khususnya Penelitian Tindakan Kelas (PTK) kepada guru-guru sehingga dapat bertambah wawasannya dalam hal tersebut. Kegiatan ini juga diharapkan dapat menjadi motivasi bagi guru-guru yang ada di Kabupaten Pidie untuk lebih banyak melakukan penelitian dalam kelas bukan hanya dikarenakan untuk persyaratan kenaikan pangkat saja, tapi untuk lebih memperdalam bidang ilmunya.

Pelatihan Pembuatan Karya Ilmiah Berbasis PTK dilaksanakan pada hari Sabtu tanggal 15 Maret 2014 di Gedung Leguna Kampus Universitas Jabal Ghafur, Gle Gapui Sigli, dari pukul 09.00 sampai 16.30 wib. Dalam prosesnya, kegiatan pelatihan ini berjalan lancar ditandai dengan antusiasnya peserta dalam bertanya saat diskusi dengan pemateri. Pemateri membagi kegiatan menjadi 2 sesi, yaitu sesi penyampaian materi umum dan sesi diskusi. Pemateri juga membagi peserta pelatihan dalam kelompok-kelompok kecil dengan tujuan agar kelompok tersebut dapat berdiskusi untuk memunculkan tema atau judul apa saja yang mungkin muncul dari masing-masing sekolah untuk nantinya dimunculkan kembali ke forum untuk bahas bersama yang membuat diskusipun semakin baik lagi.

Pemateri yang memberikan pelatihan yaitu Bapak Husaini, M.Pd., Widyaiswara Muda dari Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP) Provinsi Aceh dan Bapak Rektor, Prof. Dr. Bansu I. Ansari, M.Pd. Sedangkan peserta pelatihan adalah adalah guru-guru SMA se-Kabupaten Pidie, dengan usulan peserta diminta langsung ke Dinas Pendidikan Kabupaten Pidie sebanyak 30 orang.

Pengabdian Unigha 2014_02  Pengabdian Unigha 2014_03

Share this :