Workshop Pembelajaran Dengan Menggunakan Metode Student Center Learning
oleh rahmats, 11 Oktober 2013

Gle Gapui (4/10/2013) Universitas Jabal Ghafur (Unigha) Sigli mengadakan workshop "Pembelajaran Berbasis Kompetensi dengan metode SCL (Student Center Learning)". Acara yang di buka oleh Rektor Unigha Prof. Dr. Bansu I. Ansari, M.Pd, berlangsung selama 2 hari yaitu dari tanggal 3 dan 4 Oktober 2013. Sebanyak 50 peserta yang terdiri dari Dosen diundang untuk mengikuti workshop tersebut. Workshop itu sendiri di laksanakan di Aula Gedung Leguna Kampus Unigha dengan pemateri dari Universitas Tanjung Pura (Untan) Pontianak Bapak Dr. Tomo Djudin. Pada hari pertama workshop peserta diberikan materi pemahaman mengenai pembelajaran dengan pendekatan Student Center Learning (SCL) diantaranya bagaimana mengubah paradigma dari mahasiswa yang berpusat pada Dosen/Guru menjadi mahasiswa yang proaktif, artinya mahasiswa diharuskan untuk dapat mengembangkan materi perkuliahan secara mandiri (inisiator), sesama mahasiswa lainnya di kelas, sedangkan fungsi Dosen/Guru hanya sebagai Motivator, Mediator, dan Panutan bagi mahasiswa.

Student Center LearningStudent Center Learning

Pada hari kedua workshop, para peserta mempraktekkan materi mengenai penerapan penggunaan metode SCL di kelas, peserta dibagi menjadi beberapa kelompok untuk selanjutnya masing – masing membuat scenario belajar menggunakan metode SCL dan di lanjutkan dengan mempresentasikan yang di pandu oleh trainer Dr. Tomo Djudin. Terlihat peserta yang terbagi dalam beberapa kelompok itu sangat bersemangat dalam mempresentasikan scenario belajar.

Student Center LearningStudent Center Learning

Workshop ditutup dengan laporan akhir ketua pelaksana workshop Zulkifli, SE dan dilanjutkan pemberian cinderamata berupa plakat Unigha kepada pemateri Dr. Tomo Djudin yang diserahkan oleh Pembantu Rektor bidang Akademik Ir. Bukhari, MP.

Share this :