Pelatihan Penyusunan Standar Operasional Prosedur (SOP)
oleh rahmats, 03 Oktober 2013


workshop penyusunan SOP

 

Gle Gapui- (30/9/2013), Universitas Jabal Ghafur melaksanakan workshop penyusunan Standar Operasional Prosedur (SOP), Kurikulum dan Standar Penjamin Mutu Perguruan Tinggi (SPM-PT) yang bertempat di Gedung Le Guna Gle Gapui selama 3 hari, 30 September s.d 02 Oktober 2013. Kegiatan ini dilakukan berkat bantuan dana dari Hibah Dikti tahun 2013. Acara ini diikuti oleh seluruh Ketua Program Studi (prodi), Pembantu Dekan I, BJM, k.a UPT Pustaka, K.a Lab Micro teaching dan MIPA serta k.a PPL dilingkungan Universitas Jabal Ghafur. Workshop ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman tentang SOP, Kurikulum dan SPM dalam setiap Program Studi menghadirkan nara sumber Dr. Sumantri yang merupakan Dosen Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta.

Dalam acara selama 3 hari tersebut terlihat para peserta sangat bersemangat dan antusias mengikuti pelatihan, ini dikarenakan workshop kali ini sungguh strategis sesuai pengakuan Ka. Prodi Teknik Informatika "workshop seperti ini sangat di harapakan dan dibutuhkan oleh seluruh Dosen karena bernilai strategis, pertama, workshop ini bertepatan dengan akan habisnya masa akreditasi program studi di beberapa prodi di Unigha, dan kedua, workshop ini merupakan penambahan pengetahuan baru bagi peserta yang belum mengetahui bagaimana menyusun SOP dan Kurikulum dan SPM bagi Prodi masing-masing".

Kegiatan workshop bertujuan untuk membimbing para peserta dalam menyusun standar operasional dan kurikulum serta penjamin mutu dalam meningkatkan mutu pembelajaran setiap Jurusan. Hal utama yang menjadi prioritas dalam workshop ini adalah upaya seluruh Program Studi Universitas Jabal Ghafur untuk persiapan menghadapi Akreditasi. “Diharapkan semua pihak dalam hal ini seluruh Ketua Program Studi dapat memanfaatkan kegiatan Workshop ini dalam mempersiapkan Akreditasi jurusan yang lebih baik dari yang selama ini telah didapatkan, dan juga sebagai acuan kerja dalam memberikan pelayanan yang baik kepada Mahasiswa” ujar Rektor Unigha, Prof. Dr. Bansu I Ansari, M.Pd dalam pidato pembukaan.

            workshop penyusunan SOP            workshop penyusunan SOP
Ka. Prodi Teknik Informatika Husaini, ST, M.Kom     Beberapa Ka. Prodi sedang menikmati coffe break

Acara workshop penyusunan SOP, Kurikulum dan SPM – PT berakhir dengan diberikan tugas oleh trainer bagi peserta workshop berupa menyusun draf SPM (Sistem Penjaminan Mutu) bagi tiap-tiap Prodi untuk direview oleh Badan Penjaminan Mutu Universitas dan selanjutnya dikirimkan ke trainer via email. Acara ini sendiri di tutup oleh Pembantu Rektor I. Ir Bukhari, MP ditandai dengan penyerahan pelakat serta foto bersama.

           workshop penyusunan SOP                            workshop penyusunan SOP

Pembantu Rektor I Bidang Akademik, Ir. Bukhari, MP
sedang menyerahkan cinderamata kepada
nara sumber,Dr. Sumantri pada saat sesi penutupan kegiatan

Para peserta berfoto bersama pada acara workshop
penyusunan SOP, kurikulum dan SPM PT di Gedung Le Guna
Unigha yang berlangsung 3 hari (30 September s.d 02 Oktober 2013)

         workshop penyusunan SOP                               workshop penyusunan SOP

Suasana keakraban peserta dalam mendiskusikan bahan
materi pada saat sesi istirahat

Peserta sedang mendengarkan materi tata acara
penyusunan SOP yang dibarengi dengan presentasi modul SOP yang telah dibuat

 

Share this :