Pelatihan Workshop Kesetaraan Gender Kerjasama BP3A dengan Unigha
oleh rahmats, 03 Juni 2013

Workshop kesetaraan gender01Gle Gapui-31 Mei 2013, Universitas Jabal Ghafur Sigli bekerja sama dengan BP3A Provinsi Aceh dan Pusat Studi Wanita (PSW) Institut Agama Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh, mengadakan Workshop dan pelatihan “Pengembangan Pengarusutamaan Gender (PUG) Pada Perguruan Tinggi Di Aceh Dan Pembentukan PSW/PSG Universitas Jabal Ghafur Sigli. Kegiatan Workshop dan pelatihan ini dibuka oleh Rektor Universitas Jabal Ghafur Bapak Prof, DR. Bansu I. Ansari, M.Pd dan Kepala BP3A Aceh Ibu Amrina Habibi, SH. Dalam pelatihan ini diikuti oleh sebanyak 30 peserta yang terdiri dari dosen dan staf pengajar di lingkungan Universitas Jabal Ghafur. Workshop dan Pelatihan ini di laksanakan selama 2 (dua) hari dari tanggal 31 Mei s/d 1 Juni 2013 di Aula gedung Leu Guna Universitas Jabal Ghafur. Pemateri yang diundang pada workshop ini adalah Ibu Amrina Habibi, SH dari BP3A Provinsi Aceh, Ibu Rasyidah, M.Ag yang merupakan Kepala Pusat Studi Wanita IAIN Ar-Raniry Banda Aceh, Bapak Danial, MA dari Almuslim Bireuen serta Ibu Nuryulsen Safridar, MP dari Universitas Jabal Ghafur sendiri. Agenda utama dalam kegiatan workshop dan pelatihan yang diadakan Oleh Pusat Studi Wanita (PSW) IAIN Ar-Raniry Banda Aceh dan Universitas Jabal Ghafur Sigli adalah penguatan peran wanita dalam kesetaraan gender di kampus dan terbentuknya unit PSW/PSG di Universitas Jabal Ghafur Sigli.

Workshop kesetaraan gender02Rektor Universitas Jabal Ghafur dalam sambutannya mengatakan sangat mendukung workshop dan pelatihan ini, dengan adanya pelatihan ini peran wanita di kampus khususnya para dosen wanita dapat berguna dalam memajukan dan meningkatkan mutu dan prestasi Universitas Jabal Ghafur terutama dalam hal kesetaraan Gender sesuai dengan Tridharma Perguruan Tinggi, beliau juga menambahkan dengan terbetuknya PSW/PSG di Universitas Jabal Ghafur Sigli nanti diharapkan peran wanita dalam kesetaraan gender dalam akademik dan perkuliahan serta pengabdian dalam masyarakat porsinya lebih banyak lagi. Selaras dengan pernyataan Bapak Rektor Universitas Jabal Ghafur, Kepala BP3A Aceh Ibu Amrina Habibi, SH juga menambahkan dengan adanya workshop dan pelatihan ini diharapkan nantinya peran wanita dalam kegiatan akademisi jadi setara sehingga tidak ada lagi benang merah antara peran laki-laki dan wanita. Sehingga proses perkuliahan dan tanggal 31 Mei s/d 1 Juni 2013 di Aula gedung Leu Guna Universitas Jabal Ghafur. Pemateri yang diundang pada workshop ini adalah Ibu Amrina Habibi, SH dari BP3A Provinsi Aceh, Ibu Rasyidah, M.Ag yang merupakan Kepala Pusat Studi Wanita IAIN Ar-Raniry Banda Aceh, Bapak Danial, MA dari Almuslim Bireuen serta Ibu Nuryulsen Safridar, MP dari Universitas Jabal Ghafur sendiri. Agenda utama dalam kegiatan workshop dan pelatihan yang diadakan Oleh Pusat Studi Wanita (PSW) IAIN Ar-Raniry Banda Aceh dan Universitas Jabal Ghafur Sigli adalah penguatan peran wanita dalam kesetaraan gender di kampus dan terbentuknya unit PSW/PSG di Universitas Jabal Ghafur Sigli. 

akademik menjadi lebih seimbang. Penutupan workshop diakhiri dengan dilakukan pemilihan dan pengukuhan pengurus PSW/PSG di Universitas Jabal Ghafur. Pada pemilihan yang dilaksanakan secara voting tersebut terpilihlah Ibu Nuryulsen Safridar, MP sebagai ketua dan Ibu Suhaibah, SH, MH sebagai sekretaris PSW/PSG Universitas Jabal Ghafur periode 2013/2014.

Workshop kesetaraan gender03  Workshop kesetaraan gender04

(Foto bersama peserta dan pengurus PSW/PSG Universitas Jabal Ghafur Sigli periode 2012/2013).


Share this :