FKIP akan Melepaskan 673 Orang Mahasiswa PPL
oleh rahmats, 16 Agustus 2012

unigha FKIP_PPL

Gle Gapuy – pada tahun akademik 2012/2013 mendatang, FKIP akan melepaskan 673 mahasiswa Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) yang akan disebarkan sebagian besar ke dua kabupaten yaitu kabupaten Pidie dan Pidie Jaya. Tetapi karena peserta PPL tahun akademik 2012/2013 yang melebihi biasanya, maka ada juga beberapa mahasiswa PPL yang diselipkan ke kabupaten Aceh Besar dan kabupaten Aceh Tenggara. Mereka akan ditempatkan di tingkat SMA, yaitu SMA, MA dan SMK, dan di tingkat SMP, yaitu SMP dan MTsN.

Menurut Bapel PPL yang diwakili oleh Bpk. Drs. Sumarjo, M.Pd pada pengarahan Peserta PPL yang adakan pada hari Senin 13 Agustus 2012 yang lalu di Gedung Leguna, mengatakan bahwa para peserta PPL ini akan ditempatkan sesuai dengan kabupaten tempat tinggal peserta, seperti mahasiswa yang tinggal di kabupaten Pidie akan ditempatkan di kabupaten Pidie juga. Dan ditegaskan juga bahwa peserta PPL ini tidak boleh pindah tempat, dan harus berkerja sesuai dengan tempat yang diberikan.

Syarat untuk menjadi peserta PPL tahun akademik 2012/2013 ini yaitu harus sudah lulus mata kuliah prasyarat PPL seperti Profesi Pendidikan, Evaluasi Pengajaran, Strategi Belajar Mengajar, Mikroteaching, dan Kurikulum, dan juga harus sudah menyerlesaikan 130 sks. Sebelum diterjunkan ke lapangan, peserta PPL juga diberikan pembekalan yang berupa arahan tentang bagaimana cara mengajar, menerapkan ilmu yang didapat dan semua hal yang mungkin untuk diterapkan pada proses belajar mengajar di lingkungan sekolah.

Peserta PPL tahun akademik 2012/2013 direncanakan akan dilepaskan setelah Hari Raya Idul Fitri mendatang ini. Pengumuman penempatan peserta PPL juga baru akan diumumkan pada tanggal 27 Agustus 2012 mendatang. Menurut Bpk. Drs. Sumarjo, M.Pd., peserta PPL diharuskan untuk tetap memakai pakaian PPL (hitam putih), ini dimaksudkan agar semuanya dapat mengenali bahwa mereka adalah guru PPL bukan guru Reguler Sekolah. Karena menurut Bpk. Drs. Sumarjo, M.Pd., tiga hal yang harus diperhatikan oleh peserta PPL, yaitu disiplin, sikap dan pakaian khususnya dalam mejalankan tugas PPL ini. Diharapkan juga peserta PPL dapat melakukan penyesuaian dini dengan sekolah karena ini sangat penting bagi kelancaran tugas dan juga harus mempersiapkan mental dan fisik peserta.

Bpk. Drs. Sulaiman selaku Dekan FKIP Unigha mengharapkan peserta PPL dapat menerapkan apa yang telah didapatkan di kampus ke sekolah-sekolah. Harapan lainnya adalah tidak terjadi masalah di lapangan dan semua berjalan lancar dan berhasil dalam melaksanakan tugas. Karena ini merupakan bekal mahasiswa untuk terjun ke dunia kerja nantinya.

Share this :