UKM JABAL RISET MAHASISWA AKHIRNYA DIRESMIKAN PEMA UNIGHA
oleh rahmats, 20 Juni 2012

Senin, 18 Juni 2012 mungkin adalah hari bersejarah bagi anggota UKM Jabal Riset Mahasiswa. Setelah 3 bulan lebih beberapa mahasiswa yang peduli akan pengembangan pola piker mahasiswa dalam bentuk penelitian, akhirnya UKM JARMA (Jabal Riset Mahasiswa) resmi sebagai keluarga besar organisasi kemahasiswaan dilingkungan kampus UNIGHA,

unigha ukm-jrm1    unigha ukm-jrm2

unigha ukm-jrm3    unigha ukm-jrm4

Gambar 1 : dokumen dewan pendiri dalam masa awal persiapan pembentukan Jabal Riset Mahasiswa

acara yang dimulai pukul 10.00 ini diawali oleh pembacaan Surat Keputusan Presma UNIGHA yang dibacakan oleh Junaidi (pengurus Pema Unigha).

unigha ukm-jrm5  unigha ukm-jrm6

Gambar 2 : dokumen prosesi pelantikan UKM Jabal Riset Mahasiswa

UKM yang berdiri dibidang pendidikan, penelitian dan penalaran ini resmi dikukuhkan dan dilantik oleh PEMA UNIGHA di Gedung Leguna Glee Gapui Sigli, Afrizal Ali yang bertindak sebagai Presiden Mahasiswa UNIGHA langsung yang membacakan ikrar pelantikan kepengurusan yang dihadiri oleh undangan dari beberapa organisasi lain di dalam lingkungan kampus Jabal Ghafur Sigli seperti HMJ fisika, HMJ bahasa inggris dan lain lain.

Pada pelantikan ini juga dilakukan adat peusijuek kepada seluruh anggota pengurus oleh Tgk Imam dari Mila untuk lebih memberkati perjuangan seluruh anggota pengurus kedepannya.

unigha ukm-jrm7

Gambar 3 : dokumen prosesi peusijuek anggota Jabal Riset Mahasiswa oleh tgk Imam dari Mila

Sebagai UKM yang baru berdiri, tentu tidaklah mudah untuk dapat berdiri eksis seperti UKM atau HMJ lain dilingkungan UNIGHA, butuh perjuangan dan usaha yang besar untuk dapat mencapai hasil yang diharapkan, terlebih saat ini karya-karya penulisan mahasiswa dilingkungan kampus UNIGHA masihlah sangat minim, maka sangatlah diperlukan publikasi dan pemahaman yang gencar dari seluruh anggota untuk dapat menggerakkan mahasiswa agar terus berkarya menghasilkan tulisan-tulisan yang bermutu, “kita jangan hanya jago kandang dalam berprestasi, tunjukkan bahwa kita BISA” demikian penuturan KETUA UMUM UKM JABAL RISET MAHASISWA atau yang disingkat UKM-JARMA yaitu MAULIDIN AKBAR. Jadikan kampus sebagai tempat kita berkarya dan berinovasi, jangan hanya sekedar singgah menuntaskan tanggung jawab perkuliahan.

unigha ukm-jrm8      unigha ukm-jrm9

Gambar 4 : dokumen kata kata sambutan dari ketua umum Jabal Riset dan ucapan selamat dari Presiden Mahasiswa kepada para anggota yang baru dilantik

Sebagai langkah awal dari berdirinya UKM ini, Akbar mengatakan bahwa perlunya digiatkan metode metode dan pelatihan penulisan agar mahasiswa UNIGHA terbiasa dengan aturan baru DIKTI tentang publikasi Jurnal Ilmiah yang InsyaAllah akan mulai efektif pada bulan Agustus ini. Tapi UKM Jabal Riset tidak hanya fokus pada bidang penulisan, penelitian serta penalaran dan pengembangan masyarakat juga akan dikembangkankan, agar terciptanya kampus yang menjunjung tinggi Tri Darma Perguruan Tinggi.

Pihak PEMA UNIGHA sebagai lembaga tertinggi organisasi mahasiswa UNIGHA sangat merespon positif dengan terbentuknya UKM-JARMA ini, demikian penuturan Afrizal Ali Presma UNIGHA. Diharapkan kepada seluruh pengurus UKM JARMA untuk terus berkarya menghasilkan penelitian yang bisa membanggakan Universitas Jabal Ghafur, serta tetap mengikuti segala aturan main organisasi mahasiswa UNIGHA.

 



Share this :