Dua Program Studi Fakultas Ekonomi dikunjungi Tim Asesor Ban-PT
oleh rahmats, 18 Mei 2012

Dua lagi program studi di Universitas Jabal Ghafur dikunjungi oleh tim Asesor dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Kali ini dari Fakultas Ekonomi, yaitu prodi Akuntansi dan prodi Keuangan dan Perbankan. Tim asesor untuk prodi Akuntansi diwakili oleh Marsono, SE., M.Adv.Acc., Akt. dari Universitas Diponogoro dan Drs. Ludfi Djajanto, MBA. Dari Politeknik Malang. Sedangkan untuk prodi Keuangan dan Perbankan, tim Asesornya diwakili oleh Iwan Setiawan, SE., MM dari Politeknik Bandung dan Iban Sofyan, SE., M.E. dari Universitas Lampung. Kegiatan Visitasi Asesmen Lapangan ini dilaksanakan tanggal 13-15 Mei 2012 untuk prodi Akuntansi dan 14-16 Mei 2012 untuk prodi Keuangan dan Perbankan. Salah satu kegiatannya adalah mencocokkan borang akreditasi yang telah dikirimkan dengan keadaan yang ada di lapangan dan Grade Akreditasinya akan diumumkan satu bulan mendatang yang akan berlaku selama lima tahun.

tim asesor ekonomi1     tim asesor ekonomi2

Keempat tim Asesor ini disambut langsung di ruang rapat rektor pada tanggal 14 Mei 2012 oleh Pembantu Rektor I, Ir. Bukhari, M.P., Dekan Fakultas Ekonomi, Drs. T. Iskandar Ben, MM, ka Prodi Keuangan dan Perbankan, Samsul Akmal, SE., MM, Pembantu Dekan I, Madan SE., MM dan beberapa dosen Fakultas Ekonomi. Proses visitasi itu sendiri berlangsung sampai sore hari. Sementara persiapan untuk kedatangan tim ini sudah dipersiapkan jauh-jauh hari sebelumnya. Kedua Staf SBAK Fakultas Ekonomi, Oktina Hafanti, S.E. dan Sri Agustini, A.Md. telah berkerja keras mempersiapkan arsip-arsip administrasi yang dibutuhkan sesuai dengan data borang yang ada. Pada hari visitasi asesor mereka juga turut diinterview oleh tim Asesor. Sementara Plt Ka Badan Jaminan Mutu (BJM) Unigha, Mujiburrahmad, S.P., dan stafnya Fitriyani ST., turut mendampingi dan menfasilitasi tim Asesor.

tim asesor ekonomi3     tim asesor ekonomi4

Di akhir visitasi, salah seorang dari tim Asesor, yaitu bapak Marsono, SE., M.Adv.Acc., Akt. memberikan saran untuk kemajuan  Fakultas Ekonomi di masa yang mendatang. Beliau menyarankan antara lain masih banyak yang harus ditingkatkan, seperti pendataan Alumni, Silabus, Satuan Ajaran Perkuliahan dan lain-lain. Kemudian untuk prodi Akuntansi yaitu masalah bobot SKS yang harus dihabiskan hendaknya agak dikurangi. Tentang praktikum juga disinggung-singgung. Hendaknya jumlah praktikum diperbanyak, tidak masalah walaupun tidak mempunyai lap yang memadai, karena masih bisa berkerjasama dengan lab atau lembaga lain dalam melakukan praktikum. Diharapkan saran-saran ini bisa memajukan Fakultas Ekonomi khususnya.

Share this :