EDSA Kompetisi Debat Bahasa Inggris 2012
oleh rahmats, 02 April 2012

EDSA Unigha

English Department Students Association (EDSA) UNIGHA mengadakan English Debate Competition 2012 tingkat Universitas pada hari Sabtu 31 Maret 2012 dengan tema "Being Critical Thinkers Through English and Debating". Program debat ini merupakan program tahunan yang diagendakan oleh EDSA, dimana sebelumnya mereka telah sukses mengadakan Speach Contest.

Program ini sangat didukung oleh semua pihak, baik mahasiswa maupun pihak kampus. Pembantu Rektor III, Bapak Munirwan, S.H., mengharapkan mahasiswa mau ikut mengembangkan dan membangun UNIGHA ini untuk menjadi lebih maju. Debat ini merupakan salah satu contohnya, karena kegiatan-kegiatan kompetisi keilmuan seperti ini juga bisa meningkatkan kualitas UNIGHA kedepannya. Keuntungan lainnya menurut Dekan FKIP, Bapak Drs. Sulaiman, bisa menambah wawasan, apalagi di masa sekarang ini hampir semua pengantar memakai bahasa ingris.

Debat ini di ikuti oleh 8 team, dimana 1 team terdiri dari 3 orang (2 debaters and 1 adjudicator). Program debat yang diadakan merupakan skala universitas. Firdaus sebagai Ketua Panitia Debat, mengharapkan semua elemen mahasiswa dapat berpartisipasi didalamnya, karena menurutnya ini merupakan ajang yang bagus untuk mengapresiasikan keahlian berbahasa ingris, tema dalam debat juga sangat luas, bisa mencakup apa saja, hanya penyampaiannya saja dalam bahasa ingris. Hal ini dibuktikan dengan adanya tim debat yang berasal dari jurusan Fisika.

          EDSA Unigha     EDSA Unigha

"Bahasa dekat dengan Art (Seni)", ungkap Firdaus, ketua panitia. Karena keduanya bisa saling mengisi untuk menjadikan sesuatu lebih indah. Pada kegiatan kali ini juga, di sela-sela program debat, diisi oleh hiburan, seperti musikalisasi puisi dengan judul "Coretan Cerita Si Buku Tua", karya Firdaus dan pementasan drama yang menceritakan tentang seorang pemuda yatim dan miskin yang ingin berkuliah, tapi terhalang dana. Sampai temannya menyarankan untuk kuliah di Universitas Jabal Ghafur, karena menurutnya di Universitas ini biaya masih murah, asalkan mau berusaha dan belajar. Pada akhirnya sipemudapun berhasil menyelesaikan kuliahnya dan mendapatkan mendapatkan gelar S.Pd dengan peringkat yang memuaskan. Ini lah beberapa kreativitas yang disajikan oleh mahasiswa EDSA pada kompetisi debat bahasa ingris kemarin.

EDSA Unigha

Share this :