PEMA Universitas Jabal Ghafur Mengadakan MTQ Antar Program Studi
oleh rahmats, 10 Februari 2012

unigha mtq 1

Gle Gapui-Sigli. PEMA Universitas Jabal Ghafur mengadakan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) antar Program Studi. Acara yang berlangsung selama 3 hari yaitu dari tanggal 7 s/d 9 Februari 2012 di Gedung Leguna dan diikuti oleh 116 peserta/kafilah yang berasal dari semua Program Studi dari 7 Fakultas yang ada di Universitas Jabal Ghafur.

unigha mtq 2

Ajang bakat dan prestasi bernuansa Islami dalam seni membaca Al-Quran (nagham) dengan alunan irama-irama Bayati, Syika, Nahwand, Rast, Jiharka dan sebagainya mengusung tema "Jadikan Al-Quran Sebagai Pembentuk Kepribadian Mahasiswa Sejati" tersebut memperlombakan beberapa cabang yaitu; Fahmil Quran, Tilawah, Azan dan Pidato.

                              unigha mtq 3     unigha mtq 4

        unigha mtq 5     unigha mtq 6     unigha mtq 7

Acara dibuka dengan resmi oleh Rektor Universitas Jabal Ghafur Prof. Dr. B.I. Ansari, M.Pd. Dalam kata-kata sambutannya Rektor mengatakan bahwa kegiatan tersebut sangat positif dan tema yang diangkat merupakan bagian dari sebuah cita-cita luhur generasi intelektual Islam. Beliau juga menambahkan bahwa Al-Quran adalah kitab suci kalam Allah yang diturunkan sebagai  referensi berbagai disiplin ilmu pengetahuan yang menjadi tuntunan hidup dan pencerahan bagi umat manusia.

                     unigha mtq 8     unigha mtq 9     unigha mtq 10

Acara yang berlangsung tiga hari berturut-turut diakhiri dengan penentuan dan pengumuman para pemenang oleh dewan juri setelah melalui proses penilaian yang meliputi kriteria–kriteria yang telah ditentukan sesuai dengan cabang yg diperlombakan. Untuk cabang Tilawah, kemampuan tajwid dan fasahah menjadi kriteria penilaiannya. Kategori putra pada cabang ini menobatkan Muhammad Yusuf Ishak utusan dari FIA, juara II diraih oleh Juanda utusan dari Prodi Matematika dan juara III jatuh kepada M.Nazir dari Prodi Teknik S1. Sedangkan untuk kategori putri juara I diraih oleh Mutia Ridwan utusan dari Prodi Bahasa Inggris, juara II diraih oleh Syarifah Al-Mutia dari FIA dan juara III jatuh kepada Nelli Saputri yang juga mewakili Prodi Bahasa Inggris.

                unigha mtq 12       unigha mtq 11

Pada cabang Fahmil Quran untuk kategori putra juara I diraih oleh perwakilan dari Prodi Matematika, juara II dari Prodi Bahasa Inggris dan juara III dari Prodi Teknik S1. Sedangkan untuk kategori putri, juara I juga berhasil diraih oleh perwakilan Prodi Matematika, juara II dari Prodi Fisika dan juara III jatuh kepada perwakilan Prodi Bahasa Inggris.

                unigha mtq 13        unigha mtq 14

Untuk cabang Pidato yang kriteria penilaiannya meliputi isi, intonasi dan aksentuasi serta gaya dan mimik, kategori putra juara I diraih oleh Darul Fuadi utusan dari Teknik S1, juara II direbut oleh Safwandi utusan FKIP Ekonomi dan juara III diraih oleh Saed Abdurrahman utusan dari Prodi Agroteknologi. Untuk kategori putri pada cabang pidato, juara I diraih oleh Desi Yuliana utusan Prodi Matematika, juara II diraih oleh Suryani utusan dari Prodi Bahasa Inggris dan juara III diraih oleh Mauliza utusan dari Prodi Akuntansi D3.

                 unigha mtq 15        unigha mtq 16

Pada cabang lomba azan yang kriteria penilaiannya meliputi  tajwid serta lagu dan suara, juara I diraih oleh M.Saleh utusan dari Prodi Penjaskes, juara II jatuh kepada Aiyub Sami utusan Prodi Bahasa Inggris dan juara III berhasil diraih oleh Khairul Amri utusan dari Prodi Sejarah. (NZ)

Share this :