Penelitian Sejarah Kemasyarakatan dan Kebudayaan Aceh (Seumileuk Expedition)
oleh rahmats, 21 Februari 2012

Oleh Fakultas Ilmu Administrasi (FIA), Universitas Jabal Ghafur

Tanggal 15-22 Februari 2012

Pada hari rabu tanggal 15 Februari 2012, PUREK 1, Ir.Bukhari, MP di dampingi Dekan Fakultas Ilmu Administrasi, Drs. H. T. Hasan Ben, M.Si dan Mustafa Mahmud S.H, M.M (dosen mata kuliah Sosiologi FIA) melepas tim ekspedisi penelitian Sejarah Kemasyarakatan dan Kebudayaan Aceh (seumileuk expedition) Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Jabal Ghafur di lobby Gedung Lapan Sagoe di Gle Gapui Sigli. Dalam pelepasannya Pak Bukhari (sebutan sehari-hari) berpesan agar seluruh anggota tim ekspedisi untuk tetap menjaga nama baik UNIGHA selama masa ekspedisi dikarenakan daerah yang akan dilalui oleh tim ekspedisi merupakan daerah pedalaman disekitar Aceh Besar dan menjaga diri baik baik selama dalam perjalanan mengingat beratnya medan. Dan dalam kata sambutannya juga berharap semoga penelitian ini bisa terus dikembangkan dikarenakan memang sejarah yang akan diangkat di sini merupakan sejarah masyarakat Aceh.

Fokus utama dalam ekspedisi yang berkaitan langsung dengan mata kuliah Antropologi kebudayaan ini adalah mengangkat dan memahami seluk beluk sejarah Aceh yang selama ini mungkin terlupakan khususnya wilayah Pidie (seumileuk;red).

Unigha Seumileuk Expedition1   Unigha Seumileuk Expedition2   Unigha Seumileuk Expedition3

Anggota Tim Ekspedisi penelitian sejarah kemasyarakatan dan kebudayaan ini di ikuti oleh 14 peserta yang merupakan hasil rekrutan dan seleksi oleh Pembina ekspedisi Fakultas Ilmu Administrasi yang dipimpin oleh Bapak  Umar Mahdi S.H, M.H dimana tidak hanya mewakili Fakultas Ilmu Administrasi tetapi juga diikuti oleh beberapa perwakilan dari Fakultas lain seperti Teknik (1 orang) dan FKIP (1 orang) serta Ekonomi (2 orang) selebihnya mewakili Fakultas Ilmu Administrasi UNIGHA sebanyak 10 mahasiswa.

Sebelum pelepasan oleh Bapak PUREK 1, sekitar jam 8.00 pagi para anggota Tim Ekspedisi ini juga sudah berkumpul dan melakukan doa bersama dan peusijuek di mesjidkampus UNIGHA yang dipimpin langsung oleh Tgk. Abi di laweung (salah seorang ulama besar di Pidie). Acara doa bersama dan peusijuek ini dihadiri oleh seluruh anggota ekspedisi. Turut juga dihadiri oleh PUREK 2 UIGHA selaku Pembina utama ekspedisi Bapak Umar Mahdi S.H, M.H dan juga Dekan FIA UNIGHA Drs. H. T. Hasan Ben, M.SI serta Dra. Halimah (dosen antropologi Unigha) yang juga selaku anggota Pembina ekspedisi. Peusijuek dan doa bersama ini berlangsung singkat. Dalam pesannya Tgk. Abi di laweung juga berpesan agar seluruh anggota ekspedisi untuk tetap tabah dan sabar selama ekspedisi dan selalu mengingat dan menjaga perintah Allah selama ekspedisi ini berlangsung.

PROSESI PEUSIJUEK ANGGOTA TIM EKSPEDISI
DI MESJID JABAL GHAFUR – GLE GAPUI

Unigha Seumileuk Expedition4   Unigha Seumileuk Expedition5   Unigha Seumileuk Expedition6


Bagi anda yang mempunyai tulisan, artikel bisa dikirim ke email okifirdaus@unigha.ac.id tulisan anda akan kami seleksi terlebih dahulu sebelum di publikasikan di web ini

Share this :