ERA E-LEARNING DALAM DUNIA PENDIDIKAN
oleh rahmats, 01 Februari 2012

Perkembangan teknologi informatika semakin jauh mempengaruhi model-model dan teknologi pembelajaran. Dulu dalam benak kita bahwa yang namanya proses belajar belajar harus dalam ruang kelas dengan kondisi atau situasi dimana ada guru mengajar di depan kelas sambil sesekali menulis materi pelajaran di papan tulis sementara para peserta didik memperhatikan apa yang sedang dilakukan oleh guru dengan seksama.

Beberapa puluh tahun yang lalu, sebetulnya telah dikenal pendidikan jarak jauh, namun mekanismenya masih cukup “sederhana” seperti belajar dengan modul-modul yang dikirim via pos. Saat itu model tersebut sudah dapat membantu orang-orang yang butuh belajar atau mengenyam pendidikan tanpa terhalang kendala-kendala geografis. Sejak ditemukannya teknologi internet, banyak kemudahan yang didapat. Proses belajar kini tidak hanya anywhere, tapi sekaligus anytime dengan fasilitas e-learning yang ada.

Pada masa sekarang ini kita berada pada zaman dimana kita harus bergerak secepat mungkin  jika kita ingin terus berada pada arus zaman. Segala sesuatunya berubah setiap kali matahari terbit dan tenggelam. Hari esok datang dengan berjuta perkembangan dan hal-hal baru. Begitu halnya dengan perkembangan teknologi. Teknologi diadaptasikan pada segala aspek kehidupan membuat hidup jadi lebih mudah dan menarik. Teknologi pun sedemikian rupa diaplikasikan untuk dunia pendidikan. Bagi yang berpendapat bahwa pendidikan online akan berkembang dikemudian hari, mungkin Anda telah ketinggalan kereta, pendidikan online, telah berkembang sedemikian rupa disaat sekarang ini.

Belakangan  banyak sekolah, universitas dan institusi pendidikan lainnya yang menawarkan pendidikan jarak jauh via internet. Bahkan, beberapa dari mereka hanya menawarkan pendidikan online, dan menjadi institusi virtual.  Kitapun sekarang bisa menemukan dengan mudah berbagai situs pendukung pendidikan online.  Ada yang menawarkan meeting place, video conference, bahkan sebuah kelas virtual,  lengkap dengan video dan audio. Jadi jelas, pendidikan online bukan merupakan masa depan lagi, tapi merupakan masa kini.

Pada dasarnya, mudah untuk dimengerti kenapa belajar online lebih nyaman dan telah menjadi pilihan. Sebelumnya kita harus berangkat ke kampus atau sekolah membuat catatan dan kemudian belajar lagi dirumah. Selanjutnya berkembang, kita belajar dengan powerpoint presentation, penggunaan komputer lebih lanjut, dan pemanfaatan internet untuk sumber informasi.  Idealnya, kenapa tidak menggabungkan kedua hal ini agar semua bisa lebih mudah? Inilah yang ditawarkan oleh pendidikan virtual, dan hal ini juga yang menjadi alasan kenapa belajar online menjadi populer belakangan ini.

Teknologi pun terus maju pesat.  Setiap saat selalu berevolusi dengan tujuan untuk memberikan kemudahan dan kenyamanan lebih bagi para pengguna pendidikan online. Sebagai contoh sekarang seorang murid bisa merekam perkuliahan online-nya untuk diakses dikemudian hari powerpoint presentation bisa diubah ke podcasts dan di transfer ke iPod, dan kemudahan kemudahan lainnya.

Dunia pendidikan online telah membuat proses belajar menjadi proses yang lebih menarik, kaya akan peluang, keleluasaan dan kenyamanan. Biayapun bukan menjadi masalah lagi dengan begitu banyaknya platform, organisasi dan individual yang peduli akan hal ini dengan memberikan tool dan layanan gratis. Biaya perjalanan pun bukan merupakan sebuah isu lagi karena yang dibutuhkan hanyalah computer dengan koneksi internet.

Namun, terlepas dari semua peluang dan perkembangan ini, semua akan berbalik lagi pada masyarakatnya. Dibutuhkan keinginan dan ketertarikan pelajar untuk mulai memanfaatkan teknologi untuk belajar online, dan kemampuan para pengajar untuk beradapatasi dengan perkembangan teknologi, sehingganya pendidikan online akan terus berkembang dan menjadi lebih baik.

Dikatakan oleh  Darin E. Hartley bahwa: e-learning merupakan suatu jenis belajar mengajar yang memungkinkan tersampaikannya bahan ajar ke siswa dengan menggunakan media internet, intranet atau media jaringan komputer lain. Dalam Glossary of e-learning Terms menyatakan suatu definisi yang lebih luas bahwa : e-learning adalah sistem pendidikan yang menggunakan aplikasi elektronik untuk mendukung belajar mengajar dengan media internet,  jaringan komputer maupun komputer stand alone.

Pengertian tersebut menyem-pitkan arti “elektronik” pada huruf “e”dalam istilah “e-learning”. Karena, selain komputer juga masih terdapat alat-alat elektronik lainnya yang digunakan sebagai media pembelajaran, misalnya radio, tape audio/video, televisi interaktif, cdrom, LCD Proyektor, OHP. Sebelum internet ditemukan, alat-alat tersebut sudah terlebih dulu digunakan sebagai media pembelajaran statis maupun interaktif. Mahasiswa bisa menggunakan tape recorder untuk merekam ceramah dosen di kelas untuk didengarkan dilain waktu. Dosen juga menggunakan OHP untuk mempresentasikan materi kuliahnya kepada mahasiswa sehingga hanya menuliskan materi di papan tulis seperlunya saja. Dosen juga dapat memberikan salinan dokumen materi kuliah dan referensi dalam bentuk CDROM kepada mahasiswanya untuk dipelajari dirumah. Media-media elektronik tersebut sangat membantu mahasiswa agar bisa lebih menguasai materi kuliah.

E-learning adalah sebuah proses pembelajaran yang berbasis elektronik. Salah satu media yang digunakan adalah jaringan komputer. Dengan dikembangkan-nya di jaringan komputer memung-kinkan untuk dikembangkan dalam bentuk website sebagai basis, sehingga kemudian dikembangkan ke jaringan komputer yang lebih luas yaitu internet, inilah makanya sistem e-learning dengan menggunakan internet disebut juga internet enabled learning.

Penyajian e-learning berbasis website ini bisa menjadi lebih interaktif. Informasi-informasi dalam proses belajar mengajar juga bisa real-time. Begitu pula dengan komunikasinya, meskipun tidak secara langsung tatap muka tapi forum diskusi perkuliahan bisa dilakukan secara online dan real time. Sistem e-learning ini tidak memiliki batasan akses, inilah yang memungkinkan proses belajar mengajar bisa dilakukan lebih banyak waktu. Kapanpun dan dimanapun siswa bisa

mengakses sistem ini sepanjang ada salurannya baik dengan kabel maupun nirkabel (wireless).

Sedangkan internet adalah alat bantu pembelajaran yang bersifat interaktif, karakteristik tersebut meliputi: 

  1. Informasi real time.
  2. Interaksi guru-siswa secara langsung walau tanpa tatap muka.
  3. Forum diskusi online antar siswa.
  4. Dapat diakses kapan saja dan dimana saja.
  5. Penyampaian dan pengumpulan tugas secara online.
  6. Penyampaian pengumuman administrasi secara online.

 

Dengan demikian e-learning tidak hanya sebatas internet saja sebagai media pembelajaran, namun juga melibatkan media-media elektronik lainnya. Internet memang mempunyai berbagai kelebihan dibanding alat elektronik lain. Kelebihan-kelebihan tersebut adalah:

 

  1. Dapat diakses kapanpun dan dimanapun,
  2. Apabila memerlukan tambahan infomasi yang berkaitan dengan bahan yang dipelajarinya, dapat langsung melakukan pencarian informasi tambahan lebih mudah dan cepat.
  3. Menuntut lebih proaktif mengikuti proses belajar mengajar, Dapat berinteraksi langsung dengan instruktur tanpa menunggu pertemuan tatap muka di kelas.

 

Demi Unigha yang lebih Maju

Selamat Memulai Pendidikan yang lebih baru!

By. Ridwan, SS.T (Asisten Dosen Teknik Informatika(D3) Unigha Sigli)

Bagi anda yang mempunyai tulisan, artikel bisa dikirim ke email okifirdaus@unigha.ac.id tulisan anda akan kami seleksi terlebih dahulu sebelum di publikasikan di web ini

Share this :