Prodi PPKn Unigha Gelar Pelatihan Dasar-Dasar Perlindungan Sipil untuk Mahasiswa

admin Berita

 

unigha

28 Februari 2024 Prodi Pendidikan Pancasila dan kewarganegaraan (PKn) melaksanakan  Penandatanganan Perjanjian Kerjasama dengan Lembaga Kajian Sosial Politik Aceh (LaKaspia). Naskah Kerjasama tersebut ditandatangani oleh Iqbal, S.Pd., M.Pd., selaku Ketua Prodi PKn dan Halik, S.S., M.Si selaku direktur LaKaspia. Kegiatan berlangsung di Aula Gedung Nurdin Abd. Rachman Keunire Sigli, yang dibarengi dengan  Pelatihan Dasar -Dasar Perlindungan Sipil untuk Mahasiswa.  

unigha

Kegitan yang berakhir menjelang sore ini, melibatkan peserta 30 orang dari 23 perwakilan program studi  (20 prodi Unigha, STikes Jabal Ghafur, dan STikes Al-Hilal, dan STikes Medica Nurul Islam). Pemateri pada pelatihan ini menghadirkan narasasumber dari  LaKaspia dengan materi Perlindungan Sipil dari Tindakan Kekerasan Negara oleh Khairil S.H., M.H.,  Perlindungan Sipil dari tindakan Kekerasan oleh Non- Negara disampaikan oleh Umar Mahdi S.H., M.H , dan Perlindungan Sipil dari Tindakan Kekerasan oleh  Komunitas di sampaikan oleh Azriana, S.H.

unigha

Dalam sambutannya Ka. Prodi PPKn Iqbal, S.Pd. M.Pd menyampaikan kegiatan ini merupakan kegiatan kolaborasi antara dua Lembaga yang  diwujudkan dalam bentuk pelatihan Dasar-dasar Perlindungan Sipil untuk Mahasiswa. Tujuan diadakan pelatihan adalah untuk meningkatkan kesadaran dan keterlibatan mahasiswa dalam hal perlindungan sipil dan memperkuat jaringan antara institusi pendidikan dan lembaga non-pendidikan, menciptakan kesempatan bagi pertukaran pengetahuan, pengalaman, dan sumber daya yang saling menguntungkan. Hal ini dapat memperkaya pengalaman belajar mahasiswa dan mendukung pembangunan komunitas yang lebih kuat di sekitar mereka.

Iqbal menambahkan  bahwa kegiatan ini juga dapat dianggap sebagai langkah strategis untuk mengintegrasikan pembelajaran teori dengan pengalaman praktis di lapangan. Dengan demikian, mahasiswa tidak hanya memperoleh pengetahuan teoritis tentang prinsip-prinsip Pancasila, kewarganegaraan, dan perlindungan sipil, tetapi juga memiliki kesempatan untuk menerapkannya dalam konteks nyata melalui pelatihan yang diselenggarakan oleh LaKaspiaPeserta tampak antusias mengikuti serangkaian acara ini baik dari kalangan dosen maupun mahasiswa, ditandai dengan sejumlah pertanyaan yang diajukan pada sesi tanya jawab. Acara berakhir menjelang Tengah hari dengan makan siang bersama. Semoga ke depan semakin banyak inplementasi dari perjanjian kerjasama ini, sukses selalu untuk prodi PKn dan maju terus LasKapia.

Penulis: HUMAS UNIGHA