MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN BIOLOGI UNIVERSITAS JABAL GHAFUR RAIH MEDALI EMAS PADA OLIMPIADE TINGKAT INTERNASIONAL TAHUN 2024

admin Berita

Glee Gapui, 6 Februari 2024. Program Studi Pendidikan Biologi kembali menoreh prestasi pada tingkat internasional setelah mahasiswanya Suci Anggelina berhasil menjuarai lomba essay writing  pada akhir tahun 2023.

unigha

Mengawali tahun 2024, Badratul Nauvis, juga Mahasiswa Prodi Pendidikan Biologi Universitas Jabal Ghafur sukses meraih Medali Emas pada ajang  International Science Olympiad Contest (ISOC) 3.0 Tahun 2024. Kegiatan ini berlangsung dalam 2 (dua) tahap yaitu Preliminary Day ( 21 Januari 2024) dan Grand Final Day ( 2 – 3 Februari 2024). ISOC 3.0 diikuti oleh peserta dari berbagai negara yaitu Indonesia, Pakistan, Kamboja, Kazakhstan, Ghana, Bangladesh dan Manahil Kha.  

3 (Tiga) Mahasiswa yang mewakili Prodi Pendidikan Biologi Universitas Jabal Ghafur yang mengikuti Tahap Grand Final Day tersebut, merupakan peserta yang telah lolos tahap Preliminary Day. Ketiga Mahasiswa tersebut adalah Saudah, Irfan Tidamsir dan Badratul Nauvis.  Dan Badratul Nauvis berhasil meraih medali emas, mencetak prestasi akademik tingkat Internasional  pertama mengawali Tahun 2024.

ISOC 3.0   merupakan ajang bergengsi yang mewadahi  kompetisi para pelajar mulai tingkat Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas (SMA) dan mahasiswa dari berbagai negara. ISOC membagi pesertanya ke dalam 4 (empat ) level berdasarkan usia. Peserta mahasiswa berada pada level 4. ISOC menawarkan 3 bidang kompetisi yaitu Bahasa Inggris, Matematika dan Sains. ISOC diselenggarakan oleh Panteron Indonesia.

ISOC 3.0 ini diikuti sebagai ajang untuk melatih kemampuan berbahasa Inggris bagi mahasiswa di Program Studi Pendidikan Biologi sekaligus menumbuhkan sikap sportifitas antar negara dengan berdasar pada nilai moral yang terkandung dalam olimpiade.  Selain itu, kompetisi ini mampu mengasah kemampuan mahasiswa dalam setiap bidang yang ditekuninya. “ Saya sangat senang mendapat kesempatan untuk mengikuti kompetisi ini. ISOC 3.0 ini adalah olimpiade tingkat internasional pertama yang saya ikuti dan harus menjawab 20 butir soal dalam berbahasa Inggris.  Ini pengalaman luar biasa. Saya sangat berterima kasih kepada dosen pembimbing yang telah membimbing dan melakukan pembinaan sebelum kami ikut kompetisi. Terima kasih juga kepada Universitas Jabal Ghafur yang telah memfasilitasi dan mendukung kami sejak awal pendaftaran hingga akhir kompetisi.” Ujar Badratul Nauvis.

Prestasi yang diraih tersebut tidak terlepas dari peran dosen pembimbing dan giat usaha mahasiswa. Ketua Program Studi Pendidikan Biologi sekaligus Dosen Pembimbing, Ervina Dewi, S.Si., M.Pd berharap kegiatan ini mampu memotivasi belajar mahasiswa guna terus menggali kemampuan melalui kompetisi.

Prestasi yang ditoreh  Badratul Nauvis ini telah menambah keharuman nama Universitas Jabal Ghafur di tingkat Internasional. Universitas Jabal Ghafur mendukung sepenuhnya dan memfasilitasi setiap upaya peningkatan kompetensi mahasiswa.  

Penulis : Ervina Dewi, M.Pd / Humas Unigha