PRODI PENDIDIKAN FISIKA DAN PENDIDIKAN BIOLOGI GELAR SEMINAR PENDIDIKAN "PEMBELAJARAN IPA BERORIENTASI EDUCATION SUSTAINABLE DEVELOPMENT TERINTEGRASI STEM"

admin Berita

Pembelajaran IPA berorientasi Education Sustainable Development Terintegrasi STEM perlu digalakkan untuk kehidupan di masa mendatang, tak terkecuali dalam bidang fisika dan biologi. Itulah salah satu yang diperbincangkan dalam Seminar Pendidikan  2024 oleh Prodi Pendidikan Fisika dan Prodi Pendidikan Biologi FKIP, Universitas Jabar Ghafur secara luring pada Senin , 22 Januari 2024 bertempat di Aula Gedung Nurdin Abd. Rachman Keunire Sigli.

unigha

Sebagai pemateri, Prof. Dr. Jamaludin Idris., M.Ed., guru besar UIN Ar-Raniry, mengungkapkan, dari hasil penelitiannya ada beberapa mahasiswa yang tidak memiliki pemahaman yang memadai tentang SDGs dalam  bidang fisika dan biologi. Dalam banyak kasus, ketidaktahuan itu dapat menghambat potensi pemanfaatan ilmu fisika dan ilmu sebagai alat untuk mengatasi tantangan global yang diakui oleh SDGs.

"Penelitian bidang fisika dan biologi sangat dibutuhkan, apalagi ini digunakan untuk membekali peserta didik dalam menghadapi isu lingkungan untuk terciptanya Life Long Education yang sejalan dengan SDGs keempat,” terangnya.

Dia melanjutkan, implementasi fisika dan biologi di lapangan bisa dalam berbagai cara, seperti eksperimen dalam perkuliahan bisa menggunakan program daur ulang ataupun proyek lingkungan yang itu bisa mengembangkan keterampilan penyelesaian masalah dan keputusan yang berkelanjutan.

unigha

Pemateri lainnya,  Dr. Saminan, M.Pd., Dosen Pendidikan Fisika Universitas Syiah Kuala mengatakan, fisika dan biologi sangat berpengaruh dalam pembangunan berkelanjutan melalui pendidikan. Pembelajaran IPA berorientasi Education Sustainable Development dapat di integrasikan melalui STEMEC (Science, Technology, Engineering, mathematics, enterpreneur and Character). STEMEC tidak hanya memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang dasar-dasar alam semesta, tetapi juga membuka jalan untuk inovasi dan teknologi yang dapat menjawab tantangan global serta dapat mewujudkan energi terbarukan. Beliau juga menjelaskan dalam penerapan STEMEC dapat kita mulai dari hal hal yang berada di lingkungan kita dan kita bisa mengindentifikasi STEMEC dalam lingkungan kita tersebut.

unigha

Acara seminar pendidikan berlangsung sangat antusias yang datang dari para peserta yang sangat bersemangat dalam memberikan pertanyaan kepada narasumber.

Acara tersebut juga dihadiri oleh para Guru MGMP IPA RAYON III MUTIARA Kabupaten PIDIE, sebagai bentuk kolaborasi pendidikan dan integrasi ilmu pengetahuan.

Diakhir acara, penandatanganan MOU, MOA DAN IA antara Universitas Jabal Ghafur, Prodi Pendidikan Fisika dan Prodi Pendidikan Biologi dengan MGMP IPA RAYON III MUTIARA.

unigha

unigha

unigha

unigha

Kegiatan ini dihadiri dekan FKIP UNIGHA Jamaliah S.Pd., M.Pd., dan jajarannya; Ka. Prodi S-1 Pendidikan Fisika Muhammad Saiful, S.Pd., M.Pd.,. Ka. Prodi Pendidikan Biologi Ervina Dewi, S.Si., M.Pd. M.Si.,  Mereka masing-masing memberikan sambutan. Turut hadir juga dosen, mahasiswa Prodi Pendidikan Fisika dan Prodi Pendidikan Biologi (*)

Penulis : Mulia Rahmi., M.Pd