MAHASISWI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BIOLOGI UNIVERSITAS JABAL GHAFUR RAIH JUARA LOMBA ESSAY WRITING, UNIGHA INTERNATIONAL COMPETITION 2023

admin Berita

unigha

Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Jabal Ghafur kembali mencatat prestasi tingkat internasional atas keberhasilan Suci Anggelina (21101111013) dalam memenangkan Juara I  cabang lomba essay pada “Essay Writing” Unigha International Competition 2023 yang diselenggarakan oleh Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Jabal Ghafur pada tanggal 28 November 2023 lalu. Kompetisi ini diikuti oleh peserta yang merupakan kelompok mahasiswa dari berbagai negara, antara lain Malaysia dan Thailand. Essay Writing” Unigha International Competition 2023 digelar dalam rangka meningkatkan pemikiran kreatif, kritis dan komunikasi ilmiah guna membentuk generasi yang memiliki minat serta dapat berperan aktif dalam menanggapi berbagai isu terkini.

Kompetisi ini menawarkan 2 (dua) topik yang dilombakan yaitu Free Palestine dan Transformasi Digital.Suci Anggelina memilih topik “Digital transformation” dengan judul “ Digital Transformation of Science and technology : Unleashing the Potential of the Contemporary Era”. Topik ini dipilih karena  sejatinya  transformasi digital terjadi di hampir semua sektor kehidupan manusia, mulai dari sektor bisnis, pemerintahan, pendidikan, kesehatan, sosial-politik hingga dalam kehidupan dosmestik (keluarga). Teknologi digital telah mengubah tata cara pemrolehan informasi.

Semua informasi dapat diperoleh dengan cepat dalam jangkauan luas hanya dengan mengakses internet.Kompetisi Essay Writing ini tidak hanya sebagai salah satu ajang untuk mengekspresikan bakat mereka dalam menulis essay. Namun sebagai wujud komitmen dari Universitas Jabal Ghafur terhadap pengembangan kreatifitas  dan kemampuan bahasa inggris di tingkat global. Unigha terus mendorong mahasiswanya untuk terus bersaing secara global baik di bidang akademik maupun non akademik.  “ Saya merasa sangat bangga kepada mereka atas semangat dan kerja kerasnya menghasilkan tulisan dalam bahasa inggris. Saya merasa lebih yakin bahwa semua mahasiswa pada Program Studi Pendidikan Biologi memiliki potensi untuk mencetak prestasi sesuai dengan bakat dan minat yang dimiliki.

Hal ini terlihat pada banyaknya prestasi yang telah diraih mahasiswa pada tahun 2023” tutur Ka. Prodi Pendidikan Biologi, Ervina Dewi, S.Si., M.Pd. Prestasi ini tidak terlepas dari peran penting pembimbing akademis dalam proses bimbingan dan pendampingan. Pada kesempatan ini Ka. Prodi Pendidikan Biologi juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh dosen pendamping pada Prodi Pendidikan Biologi Universitas Jabal Ghafur yang telah mendedikasikan diri demi melahirkan bibit unggul yang mampu bersaing hingga tingkat internasional.