PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA MELALUI STUDI DEMONSTRASI DI SMA NEGERI 1 MUARA TIGA.

admin Berita

Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Jabal Ghafur telah melaksanakan kegiatan Studi Demonstrasi pada tanggal 15 Januari di SMA Negeri 1 Muara Tiga. Kegiatan Studi Demonstrasi ini merupakan salah satu bagian dari program Pengabdian kepada Masyarakat. Studi Demonstrasi ini merupakan kegiatan tahunan yang dilakukan oleh Program Studi Pendidikan Matematika. Sebelumnya, kegiatan ini sudah pernah dilakukan di Takengon dan Tangse. Kegiatan tahunan yang dilakukan oleh Program Studi Pendidikan Matematika Unigha ini memiliki beberapa tujuan penting. Pada tahun 2024 ini, tujuan yang ingin dicapai oleh Program Studi Pendidikan Matematika Unigha di antaranya memperkenalkan teknologi dan media pembelajaran yang dipergunakan di Program Studi Pendidikan Matematika, memperkenalkan Program Studi Pendidikan Matematika Unigha kepada siswa-siswi SMA serta membangun jalinan kerja sama dengan sekolah tingkat SMA.

unigha

Untuk kegiatan Studi Demonstrasi di SMA Negeri 1 Muara Tiga, terdapat 11 kelas yang menjadi sasaran bagi mahasiswa untuk mendemonstrasikan tentang teknologi dan media pembelajaran yang telah dirancang di Program Studi Pendidikan Matematika. Kelas yang menjadi sasaran demonstrasi adalah kelas X dan kelas XI. Dalam pelaksanaan Studi Demonstrasi ini, semua peserta berjumlah 50 orang yang terdiri dari 6 dosen dan 44 mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika. Agar kegiatan ini terlaksana lebih teratur dan efektif, semua peserta dibagi menjadi 11 kelompok secara merata.

Pada hari Senin 15 Januari 2024 pagi, peserta studi demonstrasi berangkat dari Yayasan Kampus Jabal Ghafur Keunire pada pukul 08.00 WIB, dan tiba di SMA Negeri 1 Muara Tiga pada jam 09.00 WIB. Kedatangan Program Studi Pendidikan Matematika disambut baik oleh kepala sekolah SMA Negeri 1 Muara Tiga, yakni Bapak Nuriyadi, S.Pd beserta seluruh guru yang ada di SMA tersebut. Guru Matematika yang ada di SMA Negeri 1 Muara Tiga juga sangat antusias dalam menyambut kedatangan tim dosen dan mahasiswa untuk melakukan kegiatan Studi Demonstrasi terkait teknologi dan media pembelajaran matematika. Sesampainya di sekolah tersebut, tim diberikan kesempatan untuk melakukan observasi terlebih dahulu. Setelah kegiatan observasi, semua peserta dipersilakan masuk ke masing-masing kelas sesuai pembagian kelompok untuk melaksanakan kegiatan Studi Demonstrasi.

unigha

Berbagai media pembelajaran ditampilkan di depan kelas oleh kelompok mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Jabal Ghafur. Media pembelajaran matematika yang didemonstrasikan terdiri dari Garsing Lingkaran, Panter, M3, Tapir Sanjang, Kodetrik, dan sebagainya. Teknologi yang diperkenalkan oleh mahasiswa kepada siswa di SMA Negeri 1 Muara Tiga adalah aplikasi Matlab. Matlab merupakan perangkat standar untuk memperkenalkan dan mengembangkan penyajian materi matematika. Melalui aplikasi ini, kita dapat memprogramkan rumus-rumus tertentu yang nantinya dapat dijadikan suatu jalan untuk mencari jawaban dari suatu persoalan matematika. Selama kegiatan berlangsung, siswa-siswi SMA Negeri 1 Muara Tiga sangat antusias dalam mendengarkan dan memperhatikan apa yang ditampilkan oleh kelompok mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Unigha. Dalam sesi diskusi, para siswa diberikan kesempatan untuk bertanya terkait teknologi dan media pembelajaran yang ditampilkan di depan kelas.

unigha

Studi Demonstrasi merupakan kegiatan yang cukup penting dan memberikan wawasan bagi siapa saja yang terlibat. Menilik kembali tujuan Studi Demonstrasi yang diadakan Program Studi Pendidikan Matematika Unigha, sangatlah baik adanya. Akan tetapi semuanya tergantung kepada bagaimana semua pihak di dalamnya mewujudkannya. Selain itu, yang perlu diperhatikan dalam setiap kegiatan Studi Demonstrasi adalah tempat yang menjadi sasaran utama untuk dijadikan tempat demonstrasi.

Berdasarkan hasil dari kegiatan Studi Demonstrasi yang telah dilakukan oleh mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Unigha di SMA Negeri 1 Muara Tiga, maka dapat disimpulkan bahwa kegiatan ini berjalan dengan sukses dan lancar. Tujuan dan indikator yang telah dirancang dapat terwujud dengan baik. Salah satu dosen Program Studi Pendidikan Matematika sekaligus pembina Himpunan Mahasiswa Matematika (HIMMAT) Unigha, Bapak Taufiq, M.Pd mengatakan bahwa kegiatan Pengabdian Masyarakat dengan Studi Demonstrasi ini dapat menambah pengetahuan siswa SMA tentang matematika yang menyenangkan. Kegiatan ini juga menambah wawasan bagi dosen dan mahasiswa tentang pengetahuan siswa terhadap mahasiswa di daerah terpencil. Hal senada juga disampaikan oleh Ketua Program Studi Pendidikan Matematika, Ibu Mirunnisa, M.Pd, beliau mengungkapkan bahwa tujuan Pengabdian Masyarakat melalui Studi Demonstrasi ini untuk memperkenalkan teknologi dan media pembelajaran yang merupakan hasil presentasi mahasiswa pada mata kuliah workshop, teknologi media pembelajaran serta pemograman komputer. Semoga kegiatan ini bermanfaat bagi siswa di sekolah. Sementara itu, bagi mahasiswa menjadi suatu pengalaman nyata untuk dapat berinteraksi langsung dengan siswa.

Penulis : Team Humas /  Nanda Rizka Maulida