SHARING SESSION MAHASISWA ALUMNI PROGRAM WMK, PKM, P2MW & KAMPUS MENGAJAR TAHUN 2023 UNTUK MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BIOLOGI FKIP UNIVERSITAS JABAL GHAFUR

admin Berita

Keuniree, 19 Desember 2023

Program studi Pendidikan Biologi menggelar kegiatan Sharing Session Mahasiswa Alumni Program Wirausaha Merdeka (WMK), Program Kreativitas Mahasiswa (PKM), Program Pembinaan Mahasiswa Wirausaha (P2MW) dan Kampus Mengajar bagi seluruh mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Jabal Ghafur. Kegiatan ini dilaksanakan di Aula Gedung Nurdin Abdurrahman Keuniree-Sigli pada hari Senin tanggal 18 Desember 2023. Kegiatan ini dihadiri oleh Dosen Program Studi Pendidikan Biologi Dr. Rahmi Agustina, S.Si., M.Pd., Makawiyah, M.Pd dan Ketua Prodi Ervina Dewi, S.Si., M.Pd serta seluruh mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Jabal Ghafur.

WMK dan Kampus Mengajar adalah kegiatan yang tersedia pada program Kampus Merdeka yang memberikan hak kepada Mahasiswa untuk mengambil mata kuliah di luar program studi selama 1 semester dan berkegiatan di luar perguruan tinggi selama 1 semester dan mendapat konversi sebanyak 20 SKS.

P2MW merupakan program pengembangan usaha mahasiswa yang telah memiliki usaha melalui bantuan dana pengembangan dan pembinaan dengan melakukan pendampingan serta pelatihan (coaching) usaha kepada mahasiswa peserta P2MW. Dalam kegiatan ini, setiap mahasiswa mendapat konversi sebanyak  6 SKS. Dan PKM merupakan program kegiatan dengan tujuan memandu mahasiswa menjadi pribadi yang tahu dan taat aturan; kreatif dan inovatif; objektif kooperatif dalam membangun keragaman intelektual. Dalam kegiatan ini, setiap mahasiswa mendapat konversi sebanyak  6 - 10 SKS.

unigha

Ketua Program Studi Pendidikan Biologi menjelaskan dalam sambutannya bahwa acara ini digelar dengan harapan dapat memotivasi seluruh mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Jabal Ghafur untuk terus melakukan pengembangan diri dengan mengikuti berbagai kegiatan yang bermaafat sekaligus mempererat silaturrahmi dalam keluarga besar Pendidikan Biologi.

Ke empat program tersebut diikuti oleh mahasiswa program studi Pendidikan Biologi Angkatan 2020, 2021 dan 2022. Program WMK diikuti oleh Tursina Akmalia, Kamilna Ulfa, Magfirah, Nur Afifah Zuhairiah dan Nur Akmalia. PKM dengan skema Riset Esakta (PKM-RE) diikuti oleh Saudah, Nur Afifah Zuhairiah, Magfirah,  Ajirni, Dhuha Nuzullian dan Nidal Yusafna. P2MW diikuti oleh Irfan Tidamsir, Saudah, Badratun Nauvis, Reni Mulyani, Vitra Silviza, Tasya Munira, Khairunnisa dan Muhammad Razi. Dan Kampus Mengajar Angkatan VI diikuti oleh Dhuha Nuzullian.

Setiap kelompok menjelaskan tujuan setiap program kegiatan yang diikuti dilanjutkan dengan tahapan pelaksanaan kegiatan, target luaran yang dicapai serta berbagai pengalaman yang dirasakan oleh setiap anggota kelompok. Diakhir presentasi setiap kelompok menampilkan video jalannya program kegiatan secara keseluruhan. Dosen dan seluruh mahasiswa  yang hadir  sangat antusias dengan banyaknya pertanyaan-pertanyaan yang diajukan.

unigha

Salah satu kelompok yang mendapat pendanaan P2MW dengan judul usaha “Beading Embroidery Rumah Jahit Syasya Untuk Produk Hiasan Gaun Di Era Globalisasi” yang digawangi oleh Tasya Munira, Khairunnisa dan Muhammad Razi lolos seleksi untuk mengikuti KMI Expo XVI Tahun 2023 yang dilaksanakan di Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja-Bali pada tanggal 15 – 17 November 2023 lalu.

Penulis : Ervina Dewi, S.Si., M.Pd.