Pelepasan Mahasiswa KKNT Semester Gajil T.A 2023/2024 UNIVERSITAS JABAL GHAFUR

admin Berita

Sigli, 6 Desember 2023, Universitas Jabal Ghafur melepas 276 Mahasiswa KKN-T semester Ganjil T.A. 2023/2024 di Kantor Bupati Kabupaten Pidie.
Acara tersebut dihadiri oleh Rektor Universitas Jabal Ghafur Prof. Dr. Bansu I. Ansari, M.Pd, Wakil Rektor III Dr. Amirzan, M.Pd , Para Karo,  dan para Supervisor. Sementara mewakili Bapak Pj Bupati hadir Asisten III Setdakab Pidie Drs Sayuti didampingi  jajaran terkait.

unigha

Rektor Unigha  Prof. Bansu dalam sambutannya mengucapkan terimakasih kepada  Pj Bupati Kabupaten Pidie atas kesedian  menerima mahasiswa Unigha melakukan KKN-T di wilayah Kabupaten Pidie. Mahasiswa yang mengikuti KKN-T tahun ini yang disebar di 19 desa di Kecamatan Glumpang Baro dan Kecamatan Kembang Tanjong.  KKN-tahun ini mengusung tema " Community Development”Prof Bansu menjelaskan program Kuliah Kerja Nyata - Tematik (KKN-T) MBKM ini merupakan suatu bentuk pendidikan dengan cara memberikan pengalaman belajar kepada mahasiswa untuk hidup di tengah masyarakat di luar kampus, yang secara langsung bersama-sama masyarakat mengidentifikasi potensi dan menangani masalah sehingga diharapkan mampu mengembangkan potensi desa/gampong dan memberi solusi untuk masalah yang ada di desa di kedua kecamatan tersebut.

Prof Bansu menambahkan dalam menyukseskan program KKNT ini , Panitia Pelaksana KKN-T Unigha sebelumnya telah melakukan observasi untuk  mengindentifikasi masalah di desa tempatan mahasiswa,  berkolabirasi dengan camat kedua kecamatan dan ikut mengundang juga DPMG kabupaten Pidie, dan Ibu Pj Bupati (bunda literasi Kabupaten Pide) sebagai pemateri pada kegiatan  pembekalan yang dilaksanakan sehari sebelumnya.

unigha
“Masalah yang dihadapi Gampong  saat ini di antaranya pengembangan  produksi desa dengan menerapkan penjualan secara online, mengembangkan Teknologi pertanian , mengembangkan web desa, penanganan banjir dan sampah, harapan saya dengan berbekal ilmu pengetahuan dan teknologi yang sudah diperoleh dari program studinya, mahasiswa dapat memberikan solusi nyata atas berbagai permasalahan yang ada di desa “ ucap Prof Bansu.

unigha

unigha
Setelah acara sambutan dari  Rektor dilanjutkan dengan sambutan Wakil Bupati yang diwakili oleh Asissten III Setdakab Pidie Drs. Sayuti, M.M. Beliau mengatakakan “mahasiswa dapat berperan aktif dalam bidang pembangunan di daerah, dengan memperhatikan aspek agama dan moralitas.

unigha

unigha
Kegiatan diakhiri dengan Pelepasan mahasiswa KKN-T Unigha. Selamat melakukan pengabdian dan berinovasi di desa, jadilah mahasiswa yang membawa perubahan positif bagi masyarakat desa.

Penulis : Humas Unigha