UNIGHA GELAR PEMBEKALAN KKNT SEMESTER GANJIL T.A. 2023/2024

admin Berita

Gle Gapui, Jum’at (09/12/2022). Unigha gelar Pembekalan Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKN-T) Semester Ganjil Tahun Akademik 2023/2024 di Gedung Leuguna Kampus Jabal Ghafur, mengusung tema “ Community Development”
Ketua Panitia Pelaksana KKN-T Unigha Muhammad Nur, S.E., M.Si.  dalam laporannya menyampaikan pada Semester Ganjil T.A 2023/2024 ini, mahasiswa yang akan mengikuti KKN sebanyak 276 Mahasiswa yang terbagi menjadi 19 kelompok, dan akan ditempatkan pada 9 desa di Kecamatan Geulumpang Baro dan 10 desa di Kecamatan Kembang Tanjung, dari tanggal 6 Desember 2022 sampai dengan tanggal 6 Januari 2023.

unigha

Acara Pembekalan ini diawali dengan sambutan Rektor Universitas Jabal Ghafur Prof. Dr. Bansu I. Ansari, M. Pd. Beliau menyampaikan mahasiswa KKN-T harus dapat memberikan kontribusi yang cukup bersinergi dengan masyarakat setempat berdasarkan hasil identifikasi masalah di desa tempatan masing-masing. Mahasiswa KKN-T agar dapat sepenuhnya mengaplikasikan ilmu yang didapat selama di bangku kuliah ke Lokasi KKN dan yang paling utama diharapkan agar bertanggungjawab kepada kelompoknya sehingga bisa menjalankan program KKN-T ini dengan optimal sesuai tupoksi masing-masing, ‘imbuhnya. Acara dilanjutkan dengan Penyampaian materi oleh Pemateri eksternal yaitu Iswadi S.H.I. dari Dinas Pemeberdayaan Masyarakat Gampong Kabupaten Pidie mengenai Peran Mahasiswa KKN-T dalam pemberdayaan Masyarakat Gampong.

unigha

Sementara pada sesi selanjutnya Muhammad Nur, S.E., M.Si sebagai pemateri kedua yang merupakan Ketua Panitia, menyampaikan materi tentang E- Merket dalam Peningkatan Penjualan UMKM, beliau mengajak para peserta KKN-T untuk mendampingi   masyarakat/ UMKM dalam memasarkan produknya secara online.
Sesi ketiga dilanjutkan dengan pemateri eksternal yaitu Ibu wakil Bupati Kabupaten Pidie diwakili oleh Nasrul, S.Pd. M.Pd tentang Program Literasi Mahasiswa KKN bagi Masyarakat, harapan beliau dalam KKN-T ini para mahasiswa yang berada di desa bisa memiliki kompetensi yang mumpuni melalui budaya literasi dengan harapan mampu mengubah kultur budaya malas membaca dan belajar di tengah-tengah masyarakat desa.

unigha

Kegiatan pembekalan juga disertai dengan sesi tanya jawab, mahasiswa diberi kesempatan untuk bertanya di setiap sesi pemateri. Kegiatan berlangsung lancar dan berakhir menjelang shalat asar. Esok hari Rabu 6 Desember 2023 mahasiswa peserta KKN-T akan dilepas secara resmi di halaman Kantor Bupati Kabupaten Pidie.

Penulis : Humas Unigha