Mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Jabal Ghafur Gelar Sharing Session Bagi Mahasiswa UMT

admin Berita

Glee Gapui, 28 November 2023. Mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Jabal Ghafur menggelar Sharing Session bagi  mahasiswa University Malaysia Terengganu (UMT) dalam  Program Jelajah Community Engagement Buddies Club & Staff Mobility Program pada tanggal 28 November 2023 bertepat di Gedung Juree Universitas Jabal Ghafur.

unigha

Kegiatan ini dihadiri oleh Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (Muhammad Iqbal, S.Pd., M.A), Ketua Program Studi (Ervina Dewi, S.Si., M.Pd),  dosen (Dr. Rahmi Agustina, S.Si., M.Pd dan Dr. Safrijal, M.Pd)  dan mahasiswa Pendidikan Biologi. Turut dihadiri juga oleh Ketua Prodi, dosen dan sejumlah mahasiswa Program Studi Pendidikan Fisika.

unigha

Mahasiswa Porgram Studi Pendidikan Biologi menjelaskan bahwa ekosistem di sekitar Kampus Jabal Ghafur memiliki keanekaragaman hayati flora yang tinggi. Data ini diperoleh dari. Kelompok riset mahasiswa Pendidikan Biologi yang digawangi oleh Irfan Tidamsir, Saudah, Badratul Nauvis, Reni Mulyani dan Mutia Septiyeni. Turut serta memperkenalkan berbagai produk hasil pemanfaatan tumbuh-tumbuhan ekosistem Jabal Ghafur seperti bahan baju ecoprint dan salap herbal dari tumbuhan kirinyu (Chromolaena odorata). Dosen dan mahasiswa UMT sangat antusias dengan banyaknya pertanyaan-pertanyaan yang diajukan. Keaneragaman flora ini dimanfaatkan oleh mahasiswa sebagai sumber belajar melalui praktikum lapangan dari beberapa Matakuliah, peningkatan  keterampilan dan kreativitas melalui produk ecoprint dan riset untuk menganalisis potensi tumbuhan sebagai kandidat obat tradisional. Berbagai produk ecoprint yang dihasilkan serta Riset ini merupakan kolaborasi antara mahasiswa dengan Dosen.

unigha

Sharing Session diawali sambutan oleh Muhammad Iqbal, S,Pd., M.A selaku Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan dan Ervina Dewi, S.Si., M.Pd selaku Ketua Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Jabal Ghafur. Sharing Sesion bertema “ Keanekaragaman hayati di Kampus Jabal Ghafur dan Pemanfaatannya” bertujuan untuk mempromosikan tingkat biodiversitas flora di Ekosistem Glee gapui sekaligus  pemanfaatannya oleh mahasiswa. Dalam sambutannnya, Dekan FKIP berharap bahwa acara sharing session ini dapat bermanfaat untuk pengembangan diri bagi mahasiswa dari Unigha dan UMT.

unigha

Acara ini di samping sebagai ajang memperkenalkan prestasi akademik mahasiswa Pendidikan Biologi di kancah internasional juga merupakan kegiatan implementasi kerjasama antara Universitas Jabal Ghafur (UNIGHA)  dengan  University Malaysia Terengganu (UMT)  khususnya bagi Program Studi Pendidikan Biologi.

Penulis : Ervina Dewi., M.Pd