Dosen dan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Fisika Universitas Jabal Ghafur Gelar Sharing Session Bagi Mahasiswa UMT

admin Berita

Glee Gapui, 28 November 2023. Mahasiswa Program Studi Pendidikan Fisika Universitas Jabal Ghafur menggelar Sharing Session bagi  mahasiswa University Malaysia Terengganu (UMT) dalam  Program Jelajah Community Engagement Buddies Club & Staff Mobility Program pada tanggal 28 November 2023 bertepat di Gedung Juree Universitas Jabal Ghafur.

Kegiatan ini dihadiri oleh Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (Muhammad Iqbal, S.Pd., M.A), Ketua Program Studi (Muhammad Saiful., M.Pd),  dosen (Ulil Azmi, S.Si., M.Pfis dan Mulia Rahmi, M.Pd)  dan mahasiswa Pendidikan Fisika. Turut dihadiri juga oleh Ketua Prodi, dosen dan sejumlah mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi.

unigha

Dosen Program Studi Pendidikan Fisika menjelaskan gambaran umum digitalisasi pendidikan yang dapat membantu para pendidik dalam proses pembelajaran dalam bentuk virtual laboratory berbasis pendekatan STEM untuk mendukung merdeka belajar di era revolusi 4.0. Virtual laboratory berbasis pendekatan STEM sudah diadopsi di sekolah sekolah di Aceh meliputi pidie, Aceh Barat Daya dan Aceh Selatan. Kegiatan itu dilaksanakan dalam rangka membuka cakrawala dan paradigma berpikir para guru di sekolah dalam meningkatkan profesionalitas dan penyeseuaian dengan  tuntutan zaman terutama digitalisasi pendidikan. Dosen dan mahasiswa UMT sangat antusias dengan banyaknya pertanyaan-pertanyaan yang diajukan. Dengan adanya sharing session ini, diharapkan mahasiswa UNIGHA dan Mahasiswa UMT menambah pengetahuan mengenai perkembangan literasi digital dan memiliki kecakapan dalam memanfaatkan digitalisasi di dunia pendidikan. Dengan demikian, Mahasiswa UNIGHA dan UMT memiliki kesiapan dalam menghadapi tantangan di era revolusi industri 4.0, karena memiliki kemampuan di dunia digital.

unigha

Sharing Session diawali sambutan oleh Muhammad Iqbal, S,Pd., M.A selaku Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan dan Muhammad Saiful., M.Pd selaku Ketua Program Studi Pendidikan Fisika Universitas Jabal Ghafur. Sharing Sesion bertema “ Development of A Virtual Laboratory In Science Physics Learning Based On STEM Approach” bertujuan untuk meningkatkan dan motivasi dalam mengembangkan literasi digital pendidikan. Dalam sambutannnya, Dekan FKIP berharap bahwa acara sharing session ini dapat bermanfaat untuk pengembangan diri bagi mahasiswa dari Unigha dan UMT.

unigha

Acara ini di samping sebagai ajang memperkenalkan ekosistem dan hasil karya dosen dan mahasiswa serta merupakan kegiatan implementasi kerjasama antara Universitas Jabal Ghafur (UNIGHA)  dengan  University Malaysia Terengganu (UMT)  khususnya bagi Program Studi Pendidikan Fisika.

Penulis : Mulia Rahmi, M.Pd