Rektor lantik 20 Satgas PPKS UNIGHA Periode 2023-2024

admin Berita

Universitas Jabal Ghafur (UNIGHA) berkomitmen menciptakan iklim akademik yang aman nyaman untuk seluruh sivitas akademika dari kekerasan seksual. Untuk itulah dibentuk Satuan Tugas Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual Universitas Jabal Ghafur (Satgas PPKS UNIGHA). Satgas PPKS UNIGHA ini juga sebagai bentuk amanah Permendikbudristek Nomor 30 Tahun 2021 tentang PPKS di lingkungan perguruan tinggi dan juga Peraturan Rektor tentang Pembentukan Satuan Tugas Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual (SATGAS PPKS) melalui SK Rektor Nomor 163/S-Kep/XI/2023.

unigha
Satgas PPKS ini memiliki tugas melakukan pencegahan yang diwujudkan dalam bentuk program edukasi maupun sosialisasi antikekerasan seksual dan peraturan rektor serta infrastruktur mendukung upaya dari pencegahan kekerasan seksual di lingkungan kampus. Pelantikan Satgas PPKS  Periode 2023-2024 berlangsung pada 13 November 2023 bertempat di Gedung Leuguna Universitas Jabal Ghafur. Satgas PPKS yang dilantik yaitu sebanyak 20 orang yang terdiri dari dosen, tendik dan mahasiswa. Ikut hadir Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Kerjasama Dr. Rahmi Agustina, S.Si.,M.Pd., Para Dekan dan Para Ka.Prodi, para Kabag, dan sejumlah Mahasiswa di Lingkungan Universitas Jabal Ghafur. Acara yang dimulai sambutan ketua Pansel  Nazaruddin, S.H., M.H., dalam sambutannya nazar menyampaikan Hadirnya Satgas merupakan amanat Permendikbud Ristek No.30 Tahun 2021 dengan setiap kampus memiliki satgas yang dapat melakukan pengawalan sehingga kampus dapat menjadi lingkungan yang sehat, aman, nyaman dan juga tanpa kekerasan seksual.

unigha

Rektor Unigha Prof. Dr. Bansu I. Ansari, M.Pd dalam sambutannya menyampaikan akan memastikan, menjamin, memantau, dan mendukung setiap upaya pencegahan dan penanganan kekerasan seksual. Rektor juga mengapresiasi Ketua Satgas PPKS, Junaidi, S.H., M.H, beserta seluruh anggota atas kesediaan dan komitmen mewujudkan kampus yang aman dari kekerasan seksual. “Tentu saja ini tidak mudah. Tidak sembarang orang tergerak hatinya membantu cita-cita mulia untuk menjadikan UNIGHA sesuai visinya, yakni terwujudnya UNIGHA sebagai kampus yang bebas dari kekerasan seksual, sekaligus kampus yang sehat dan nyaman, baik secara fisik, mental, dan spiritualnya. Maka inilah peran dan tugas mulia dari satgas PPKS UNIGHA.” Tutur rektor.

unigha

unigha
Pelantikan Satgas PPKS di lanjutkan Dilanjut dengan pembacaan Ikrar Satgas PPKS UNIGHA yang dipandu oleh Umar Mahdi, S.H., M.H., dan ditutup dengan penandatanganan Pakta Integritas oleh anggota  Satgas yang sudah dilantik. Harapannya pembentukan Satgas PPKS Universitas Jabal Ghafur dapat menjadi upaya terciptanya lingkungan kampus yang aman, nyaman dan sehat bagi para warga kampus UNIGHA. Bekerja sama dalam mewujudkan atmosfer menuntut ilmu dan bekerja bagi seluruh warga kampus tidak hanya Satgas saja yang berperan tapi semua element turut membantu. Maka dari itu bagi yang melihat atau mengalami dapat menghubungi Tim Satgas PPKS UNIGHA.

Penulis : Humas Unigha