Universitas Jabal Ghafur Gelar Uji Publik Calon Panitia Seleksi (Capansel) Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual (PPKS

admin Berita

Universitas Jabal Ghafur telah menyelenggarakan Uji Publik untuk Calon Panitia Seleksi (Capansel) Satuan Tugas Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual (PPKS) secara daring melalui zoom meeting. Kegiatan uji publik ini juga dihadiri warga Unigha yang terdiri dari elemen tenaga pendidik, tenaga kependidikan dan mahasiswa di lingkungan Universitas Jabal Ghafur.

unigha

Hadir pula perwakilan dari Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana Kabupaten Pidie ibu Nurhanisah, S.IP., M.M.

unigha

Kegiatan Uji Publik ini dibuka dengan sambutan Rektor Universitas Jabal Ghafur, Bapak Prof. Dr. Bansu. I. Ansari., M.Pd, yang mengatakan bahwa kegiatan uji publik ini punya peran sangat penting untuk melakukan pencegahan kekerasan seksual baik secara verbal, fisik dan non fisik. dilanjutkan juga uji publik sebagai langkah awal untuk membentuk Satgas PPKS UNIGHA yang penuh dedikasi dan integritas. Dalam uji publik tersebut, 5 orang Calon Panitia Seleksi Satgas PPKS sudah mempresentasikan pendapatnya terkait kekerasan seksual di lingkungan Universitas Jabal Ghafur dengan sangat baik dan mendapatkan masukan-masukan dari tim panelis.

Salah satu pertanyaan menarik diberikan oleh panelis internal, Bapak Umar Mahdi S.H., M.M yaitu komitemen satgas jika terpilih nanti dalam menjaga perlindungan dan penegakkan hak-hak korban. Para Capansel berkomitmen untuk memberikan perlindungan, pendampingan dan rasa aman serta nyaman terhadap korban Kekerasan Seksual.

Panelis dari luar UNIGHA, Ibu Nurhanisah, S.IP., M.M juga mengapresiasi UNIGHA sebagai salah satu Universitas Swasta di Aceh yang telah membentuk langkah awal dalam membentuk Satgas PPKS ini. Menurut Ibu Nurhanisah, S.IP., M.M dalam pembentukan Satgas PPKS di lingkungan kampus "ini suatu apresiasi bagi warga Universitas jabal Ghafur karena dapat memulai terobosan yang cukup baik dalam pembentukan Satgas PPKS, dan turut serta melibatkan Dinas DP3AKB kabupaten Pidie merupakan langkah awal  yang baik dan juga bisa menjalin kerjasama yang lebih intens dengan DP3AKB nantinya".

Kelanjutan dari Uji Publik Capansel Satgas PPKS ini adalah penilaian dari Tim Penilai Seleksi Satgas PPKS yang terpilih. Tim penilai panelis internal terdiri dari Dr. Amirzan, Dr. Basri., M.Pd., Umar Mahdi, S.H., M.H. panelis dari luar kampus yaitu Ibu Nurhanisah, S.IP., M.M. Adapun Calon Panitia seleksi satgas yang dinilai terdiri dari 1. Nazaruddin., S.H., M.H (Dosen Fakultas Hukum), 2. Mulia Rahmi, M.Pd ( Dosen FKIP), 3. Ahsana Zakaria Kumba, S.Pd (Tenaga kependidikan), 4. Nanda novia Putri (Mahasiswa Hukum), 5. Nelly Susanti (Mahasiswa Agribisnis).

unigha

Capansel Nazaruddin (Dosen Fakultas Hukum)

unigha

Capansel Mulia Rahmi, M.Pd ( Dosen FKIP)

unigha

Capansel Ahsana Zakaria Kumba, S.Pd (Tenaga kependidikan)

unigha

Capansel Nanda novia Putri (Mahasiswa Hukum)

unigha

Capansel Nelly Susanti (Mahasiswa Agribisnis)

Tim penilai akan memilih 3, 5, atau 7 orang yang terdiri dari elemen dosen, tendik dan mahasiswa yang akan menjadi panitia seleksi Satgas PPKS dilingkungan Universitas Jabal Ghafur. Acara yang dimoderatoi langsung oleh Warek 1 Unigha Dr. Rahmi Agustina, S.Si., M.Pd.

unigha

unigha

berlangsung lancar dengan pertanyaan - pertanyaan yang menarik dari para panelis dan para capansel juga mampu memberi jawaban yang tepat dan tegas.

Penulis: Mulia Rahmi, M.Pd