UNIGHA Gelar Seminar Nasional dengan Tema Mengungkap Peluang dan Tantangan Digitalisasi di Era Society 5.0

admin Berita

Sigli, 19 Agustus 2023 – Universitas Jabal Ghafur Sigli gelar Seminar Nasional yang kedua dengan tema "Digitalisasi Akademik: Peluang dan Tantangan di Era Society 5.0." Acara prestisius ini digelar di Gedung Nurdin AR Kenire pada hari Sabtu (19/8/2023), yang diselenggarakan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Jabal Ghafur.

unighaKetua LPPM Universitas Jabal Ghafur, Mustakim Sagita, M.Pd, dalam sambutannya menyampaikan tentang transformasi digital telah mendominasi berbagai sektor, termasuk dunia pendidikan. "Perkembangan cepat dalam teknologi telah membawa dampak besar pada pendidikan, dan melihat peluang ini, LPPM Unigha dengan bangga menyelenggarakan seminar yang diikuti oleh 250 pemakalah dan 100 peserta dengan tema yang sangat relevan," ujarnya.

unighaKegiatan seminar  dibuka oleh  Wakil Rektor I, Dr. Rahmi Agustina, S.Si., M.Pd. Dalam sambutannya, Dr. Rahmi Agustina menekankan pentingnya adaptasi dan inovasi dalam dunia akademik di era digital. "Kami berkomitmen untuk terus memajukan pendidikan di Universitas Jabal Ghafur Sigli, dan seminar ini adalah salah satu langkah kami untuk memahami, menghadapi, dan memanfaatkan transformasi digital dalam mendukung pembelajaran dan penelitian," kata Dr. Rahmi Agustina. Turut hadir pula wakil ketua yayasan  ibu Diana Devi, B.H.Sc.,M.Pd , dalam sambutannya Ibu Diana Devi menyampaikan Digitalisasi telah menjadi tonggak penting dalam dunia pendidikan, dan seminar ini akan membuka pintu menuju pemahaman yang lebih dalam tentang peran teknologi dalam memajukan akademik kita.

unigha
Seminar ini juga mengundang  beberapa pemateri ahli dalam berbagai aspek digitalisasi akademik. Dr. Taufiq A. Agani, M.Eng.,Sc,  ketua Pusat Data dan Informasi Perpusnas RI merupakan nara sumber pertama  dengan paparan materi tentang "Literasi dan Transformasi Digital: Ancaman dan Tantangan Bagi Perguruan Tinggi." Ia membahas pentingnya literasi digital dalam menghadapi tantangan besar yang dihadapi perguruan tinggi dalam era digital ini.

Selanjutnya, Dr. Zaitul SE.,MBA.,Ak.,CA.,Asean CPA  salah satu Dosen di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Univeristas Bung Hatta,  mempresentasikan materi tentang "Digitalisasi dan Publikasi Internasional di Era Society 5.0." Dalam sesinya, Dr. Zaitul membahas bagaimana digitalisasi telah mengubah lanskap publikasi ilmiah dan meningkatkan visibilitas penelitian di tingkat internasional.

Narasumber berikutnya adalah Dr. Amirzan, M.Pd. yang menyampaikan topik menarik tentang "PJOK dalam Pembelajaran Paradigma Baru." Ia menyoroti peran penting Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK) dalam konteks pendidikan yang semakin terdigitalisasi.


Prof. Dr. Bansu I. Ansari, M.Pd, narasumber pada sesi akhir  menyampaikan materi tentang  penggunaan learning analytics untuk memeriksa dampak dari perilaku belajar dan pengaruhnya terhadap kemampuan berfikir dan etika. Beliau mengungkapkan bagaimana alat analitik dapat membantu institusi pendidikan dalam meningkatkan kualitas pembelajaran.
Seminar Nasional ini berjalan dengan tertib dan sukses memberikan wawasan yang mendalam tentang peran digitalisasi dalam pendidikan.   

unigha

unigha

unigha

Unigha dalam hal ini  mengambil peran penting mempersiapkan segala sesuatu dalam menghadapi perubahan digital akademik saat ini. Semoga inisiatif seperti ini akan terus mempromosikan diskusi dan kolaborasi untuk menghadapi tantangan dan peluang di era Society 5.0 yang terus berkembang.

Penulis: Auzan Qasthary / LPPM Unigha