LABORATORIUM MIPA UNIVERSITAS JABAL GHAFUR DAN FMIPA UNIVERSITAS SYIAH KUALA

admin Berita

Laboratorium MIPA Fakultas MIPA Universitas Syiah Kuala bersama Program Studi Pendidikan Biologi dan Pendidikan Fisika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan universitas Jabal Ghafur (Unigha) melakukan studi laboratorium dengan Tema "Peningkatan dan Pengembangan Kompetensi Laboratorium MIPA di Universitas Jabal Ghafur".
Kegiatan studi laboratorium bertujuan agar laboratorium bisa menjadi pusat layanan yang dapat memenuhi kebutuhan setiap kegiatan akademik program studi khususnya dalam kegiatan praktikum. Penyediaan dan layanan laboratorium sangat penting sebagai penunjang perkuliahan.

unigha

Acara ini dikoordinir langsung oleh Mulia Rahmi, S.Pd, M.Pd selaku kepala Laboratorium MIPA Unigha dan Ervina Dewi, S.Si., M.Pd selaku Ketua Prodi Pendidikan Biologi FKIP Unigha. Kegiatan ini juga didampingi dosen Prodi Pendidikan Biologi Makawiyah M.Pd, dan Prodi Pendidikan Fisika Drs. Hamdi, M.Pd.

Universitas Syiah Kuala (USK) dipilih karena sebelumnya sudah ada kerja sama antara Unigha dengan USK melalui penandatangan Momerandum of understanding (MOU) sejak beberapa tahun yang lalu. Kegiatan ini merupakan salah satu implementasi dari MoU tersebut. Pihak USK tepatnya FMIPA Jurusan Biologi dan Fisika menyambut baik kunjungan dari Laboratorium MIPA Unigha. Mewakili pihak Laboratorium MIPA ibu Dr. Malahayati, S.Si., M.Si selalu Sekretaris Jurusan FMIPA Fisika dalam sambutannya menyebutkan bahwa setelah kegiatan studi laboratorium proses kerjasama antara FMIPA USK dan FKIP Unigha dapat terus dilakukan dalam pelaksanaan tri darma perguruan tinggi, kolaborasi kerjasama nasional maupun internasional, dan bahkan di bidang pengabdian masyarakat dengan sasaran guru dan siswa. Sementara itu dalam kesempatan tersebut Kepala Laboratorium MIPA Unigha menyatakan rasa terimakasih atas sambutan yang amat baik serta tawaran yang diberikan, kerjasama apapun ke depan diharapkan dapat menunjang kinerja Laboratorium MIPA Unigha.unigha

Sementara itu perwakilan FMIPA Biologi ibu Widya sari, S.Si., M.Si menjelaskan kegiatan ini dilaksanakan dalam 3 sesi, yaitu manajemen laboratorium, kegiatan praktikum dan evaluasi pelaksanaan kegiatan praktikum yang diisi oleh pemateri dari dosen dan asisten lab, hal itu juga sama dengan departemen fisika" ungkap Widia sari.
Dalam kesempatan tersebut disepakati beberapa tambahan yang menunjang kerjasama kedua belah pihak yaitu adanya implementation agreement (IA) antara Unigha dengan USK dalam bidang laboratorium, pendidikan dan tri darma perguruan tinggi.

unigha

Kegiatan ini juga memberikan pengalaman baru dan menarik bagi Mahasiswa Unigha dari prodi pendidikan biologi dan fisika yang mengikuti kegiatan ini, mereka sangat antusias, semua mahasiswa sangat tekun menyimak setiap penjelasan yang disampaikan, terlebih saat sesi praktek penggunaan sejumlah alat-alat lab dalam beberapa materi praktikum.
Mereka berharap dapat membawa ilmu dan pengalaman yang didapat untuk diterapkan di Unigha, semoga ke depan kegiatan seperti ini dapat dilakukan secara rutin, ujar mereka dengan perasaan senang. Acara berakhir menjelang siang yang diakhiri dengan penyerahan cinderamata dan foto bersama.

Penulis : Ervina, S.Si., M.Pd