THE UNIVERSITY OF RHODE ISLAND AMERIKA SERIKAT BERKUNJUNG KE UNIVERSITAS JABAL GHAFUR

admin Berita

unighaaa

unighaaa

Kamis (1/06/2023). Universitas Jabal Ghafur menerima kunjungan mahasiswa dari The University of Rhode Island (URI), untuk melaksanakan Program J-Term. Universitas Rhode Island (URI) adalah universitas negeri dari Amerika Serikat (AS) dan merupakan universitas yang sangat komprehensif, telah bekerjasama dengan Indonesia lebih dari 50 tahun diantaranya dengan Kementrian Kesehatan, Kementrian Perikanan dan Kelautan, Bappenas dan beberapa Kementrian lainnya dalam berbagai bidang seperti Pendidikan, Kelautan dan Perikanan, Teknik, Kesehatan dan banyak lainnya. URI juga telah bekerjasama dengan berbagai Universitas  top di Indonesia seperti Universitas Syiah Kuala , Universitas Indonesia (USK),Institute Teknologi Bandung (ITB) , Institut Pertanian Bogor (IPB), Universitas Halu Oleo, UnHas, UNud, UniPa, UnPad dan banyak lainnya untuk Peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM). 

unighaaa

unighaaa

Tahun 2023 merupakan tahun pertama URI melaksanakan program ini di Aceh, salah satunya bekerjasama dengan Yayasan Pembangunan Kampus Jabal Ghafur, yang menaungi 3 Perguruan Tinggi; Universitas Jabal Ghafur (Unigha), Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKes) Jabal Ghafur, dan Akademi Manajemen dan Informatika (AMIK) Jabal Ghafur. Rombongan URI Sebanyak 20 mahasiswa (7 jurusan bisnis dan 13 jurusan kesehatan) serta 4 orang dosen didampingi brook Williams ross perwakilan URI di Indonesia ini disambut langsung oleh Ibu Diana Devi Nurdin AR, Wakil ketua Yayasan Pembangunan Kampus Jabal Ghafur (YPKJG) Prof. Dr. Bansu I. Ansari, M.Pd ( Rektor Unigha) beserta jajarannya, bersama Bapak PJ Bupati Pidie, turut hadir Pengurus Yayasan lainnya Rusli Daud, M.M., Umum, Bapak T. Yasman Saputra, S.H., M.H.,, Drs. H. Hasbi Abdullah, Ketua STIKES Jabal Ghafur dan Direktur AMIK Jabal Ghafur beserta dosen dan mahasiswa.

unighaaa

Ibu Diana Devi menyampaikan bahwa kedatangan mahasiswa dan dosen URI ini merupakan suatu penghargaan bagi Yayasan dan berharap Unigha yang memiliki 20 Prodi, STIKES yang memiliki 3 Prodi – S1 Farmasi, D3 Keperawatan dan D3 Sanitasi dan Kesehatan Lingkungan & AMIK yang memiliki 1 Prodi – Manajemen Komputer dapat bekerjasama lebih konkrit dengan URI ke depannya untuk pengembangan SDM baik dosen maupun mahasiswa. Prof. Dr. Bansu I. Ansari, M.Pd dalam sambutannya  menyampaikan “ dalam menjawab Tridarma Perguruan Tinggi Unigha memerlukan dukungan dalam peningkatkan kapasitasnya SDM terutama para dosen dalam melanjutkan studi doctoral, pengembangan penelitian,  kolaborasi publikasi, dan  kegiatan pengabdian kepada masyarakat”. Prof Bansu berharap, kunjungan serta pertemuan yang dilakukan ini menjadi langkah awal kolaborasi internasional antara Unigha dan URI sehingga dapat terlaksana MoU di antara kedua Perguruan Tinggi ini. 

unighaaa

Sementara Pj. Bupati Kabupaten Pidie Bapak Ir. Wahyudi Adisiswanto, M.Si dalam sambutannya menyampaikan rasa senang dan terhormat karena bisa menyambut kedatangan kunjungan rombongan URI, Amerika Serikat dan  suatu hari nanti akan pergi ke Rhode Island. " imbuhnya. Bapak Wahyudi juga meyampaikan terima kasih kepada Mr. Brook Ross sebagai perwakilan URI yang telah membawa Rombongan URI untuk berkunjung ke Sigli. Brook Wiliams Ross, menyampaikan untuk membangun ekonomi dan memperbaiki kesehatan diperlukan kolaborasi antara pemerintah, universitas, dan publik. Kita tidak bisa bekerja sendiri. Seperti halnya yang dilakukan oleh Ibu Diana Devi, yang telah menginisiasi kerja sama dengan URI untuk membangun aceh, termasuk kegiatan kunjungan ini. URI telah melalukan kerja sama dengan Aceh, dan ingin memberikan kesempatan kepadamasyarakat aceh untuk studi di URI melalui beasiswa BPSDM. 

unighaaa

unighaaa

unighaaa

Brook megajak mahasiswa untuk kerja keras agar bisa seperti halnya dilakukan ibu Devi telah bekerja keras selama 10 tahun untuk membuka peluang pendidikan internasional.  Pada kesempatan ini, mahasiswa URI berkunjung ke RSUD Tgk. Chik di Tiro Sigli untuk mengenal dan melihat pelayanan terhadap pasien di RSUD.   Mereka juga mengunjungi Rumah Produksi Kupiah Meukutop di Garot untuk lebih mengenal kerajinan tradisional Aceh yang di sambut oleh Ibu Nurdiana, M.Pd, sejumlah dosen, masyarakat dan tokoh budaya setempat. Kegiatan J-Term dosen dan mahasiswa URI diakhir dengan mengunjugi petani tambak di daerah Rawa Kota Sigli. ( Ulil Azmi, S.Si, M.PFis./ Humas Unigha)