UNHCR dan Unigha Sosialisasikan Pengungsi Luar Negeri Di Indonesia

admin Berita

Unigha Bersama UNHCR menyelenggarakan sosialisasi “ Mengenal dan Memahami Pengungsi Luar Negeri di Indonesia”. Kegiatan ini berlangsung di Gedung Leguna  pada Selasa (10/2) dan diikuti sejumlah mahasiswa di lingkungan Universitas Jabal Ghafur. Turut hadir dalam sosialisasi ini Wakil Rektor I  Dr. Rahmi Agustina, S.Si., M.Pd., para dekan dan wakil dekan, ketua prodi,  serta dosen di Lingkungan Universitas Jabal Ghafur. Materi sosialisasi disampaikan oleh  protection assistant UNHCR, Bapak Muhammad Rafki Syukri dan Ibu Oktina Hafanti.

kkn

Kegiatan  diawali dengan sambutan Wakil Rektor I, beliau menyampaikan  “sosialisasi ini sebagai wadah berbagi ilmu terkait isu pengungsi dengan tujuan untuk meningkatkan pemahaman mahasiswa tentang mengenal dan memahami pengungsi yang berdatangan ke Indonesia. Rahmi menambahkan melalui kegitan ini juga berharap Unigha  dapat menjalin kerja sama dengan UNHCR   dalam mewujudkan pelaksanaan Implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka seperti kegiatan asistensi mengajar, konseling bagi pengungsi bahkan sebagai objek penelitian bagi dosen dan mahasiswa.

kkn
Oktina Hafanti  dalam sosialisasinya menjelaskan  gambaran nyata kepada mahasiswa tentang status para pengungsi “siapa yang dimaksud pengungsi?”.  Ada banyak alasan mengapa orang keluar dari negara dan mengungsi ke negara lain. Mayoritas karena konflik dan ancaman terhadap keselamatan hidup dan mencari perlindungan di negara lain. Dalam sesi tanya jawab, untuk mejawab keraguan masyarakat setempat terhadap pengungsi,  Oktina menjelelaskah UNHCR terus memberikan pemahaman kepada para pengungsi mengenai kearifan lokal/ adat yang harus dipatuhi agar tidak menimbulkan konflik dengan masyarakat setempat. 

kkn
Sementara itu pemateri kedua, Rafki menjelaskan tentang bidang kerja UNHCR yakni tugas dan fungsi yang dijalankan. Selain itu, Rafki menjelaskan eksistensi UNHCR di Indonesia, mandat dan kontribusi yang diberikan UNHCR dalam menangani pengungsi di Indonesia dengan melandaskan prinsip dan hukum perlindungan pengungsi.Rafki mengajak mahasiswa untuk terus mengedepankan sisi kemanusiaan dalam menghadapi para irreguler migran ini apalagi dalam keadaan darurat. 

kkn
Kegiatan sosialisasi ini di akhiri dengan tanya jawab dan foto bersama.

Penulis : Humas / Ulil Azmi, S.Si., M.P.Fis.