INTERNATIONAL CONFERENCE PERTAMA DI UNIGHA

admin Berita

kkn

Universitas Jabal Ghafur melaksanakan Konferensi internasional untuk pertama kalinya. International conference ini mengangkat tema “social science development and eduactional innovation based on technology”,  1st INTERNATIONAL CONFERENCE ON EDUCATIONAL TECHNOLOGY AND  SOCIAL SCIENCE (ICoETS ).

Konferensi ini terlaksana berkat dukungan semua pihak diantaranya Yayasan Pembangaunan Kampus Jabal Ghafur, Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Jabal Ghafur, Universiti Malaysia Terengganu (UMT), Universiti Teknologi Mara (UiTM) Malaysia, BSI, BNN, Pos Indonesia dan Telkom Indonesia.  

Turut hadir pengurus Yayasan Pembangunan Kampus Jabal Ghafur Diana Devi,BH. Sc. M.Pd (Wakil Ketua Yayasan) Drs. Rusli Daud MM, (Sekretaris Umum YPKJG) , T Yasman saputra SH. MH ( Wakil Sekretaris YPKJG) , Nasrul Syam SH, Dr Salman Ishak M.SI ( pengawas Yayasan) , Drs Syamsyuddin M.Si ketua Stikes Jabal Ghafur, Junaidi Salad MT Plt. Direktur AMIK Jabal Ghafur dan  para dekan lingkungan Universitas Jabal Ghafur.

conference

Konferensi ini juga dihadiri oleh Kepala LLDikti Wilayah XIII Aceh, Dr. Rizal Munadi, M.T. yang menyampaikan opening speech secara daring melalui Aplikasi Zoom Meeting. Beliau sangat mendukung dan mengapresiasi kegiatan conference ini sebagai salah satu wadah bagi para dosen dalam menyampaikan dan mempublikasikan hasil penelitiannya, yang nantinya dapat digunakan untuk kenaikan jabatan akademik, terlebih di Aceh khususnya di PTS yang ada di Aceh jumlah Guru Besar masih sangat minim (baru 3 orang) yang salah satunya adalah Rektor Unigha sendiri, Prof. Bansu I. Ansari, M.Pd

Senada dengan apa yang Dr. Munadi, Rektor Unigha dalam sambutannya menyampaikan bahwa International conference ini akan terus dilaksanakan pada tahun tahun berikutnya untuk mendukung penelitian dosen di lingkungan Unigha, di samping itu juga menjadi wadah kerjasama baik dengan kampus dalam negeri maupun luar negeri. 

conference 4

Adapun dasar pelaksanaan kegiatan Konferensi ini yang telah sukses dilaksanakan pada tanggal 25-26 Oktober 2022 adalah sebagai bentuk pemberian informasi dari luaran hasil penelitian yang dilaksanakan oleh Dosen serta praktisi di Indonesia maupun luar negeri. Konferensi ini dilaksanakan sesi diskusi paralel dan tanya jawab yang melibatkan perwakilan Pemakalah, Peserta serta partisipasi seluruh undangan untuk mengidentifikasi isu penting yang relevan dengan teknologi, Pendidikan dan social science pada masing-masing bidang.

Ketua LPPM Unigha Mustakim Sagita, M.Pd. dalam laporan menyebutkan bahwa Konferensi ini diikuti oleh 150 Pemakalah dan peserta yang terdiri dari perwakilan internasional seperti Western Sidney University, Bournemoth University, Indian Management School & Research Centre, UITM, UTM Malaysia dan Nasional seperti Universitas Negeri Semarang, Universitas Sebelas Maret, Universitas Tadulako, Universitas Halu Oleo, Universitas Negeri Medan, peneliti, praktisi, akademisi, asosiasi dan organisasi, serta sektor swasta. International conference ini mengundang para pakar di bidangnya, keynote speaker dari dalam negeri dan luar negeri yaitu Prof. Zulfan Tadjoeddin, Prof. Hiroko, Oe, Dr. Pravin Parmar, Isma Noornisa Ismail, Ph.D, Ts. Dr. Azilla Adnan, Dr. Rahmi Agustina, S.Si, M.Pd. Acara ini sendiri dibuka secara langsung oleh Bapak Rektor Universitas Jabal Ghafur Bapak Prof. Dr. Bansu Irianto Ansari, M.Pd di gedung Nurdin Abdurahman, Keunire.  Acara berlangsung semarak, antusias yang tinggi dari presenter mauoun partisipan, dan penuh dengan suasana akademik.

Sampai jumpa di ICoETS kedua tahun 2023.

Penulis :  Humas / Ulil Azmi, S.Si., M.Pfis.