TIM PKM PRODI PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS UNIGHA MELAKSANAKAN PELATIHAN ICT UNTUK PENINGKATAN MUTU PBM DI MTSS ULUMUL QUR'AN PIDIE

admin Berita

kkn 

Sigli,- Pengabdian kepada masyarakat merupakan salah satu poin penting dari tridharma perguruan tinggi yang mendukung program MBKM. Dalam rangka mendukung pelaksanaan MBKM di kampus Universitas Jabal Ghafur, Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris melakukan kegiatan pengabdian di MTsS Ulumul Qur'an Pidie. Ka.prodi Pendidikan Bahasa Inggris Fauziah, S.Pd.I, M.Pd melibatkan tim dosen, mahasiswa dan alumni untuk menyukseskan acara tersebut. Kegiatan kolaborasi ini merupakan bentuk penguatan solidalitas antara dosen, mahasiswa dan alumni sebagai bagian yang tidak terpisahkan.

kkn

Dalam sambutannya bapak Firdaus, S.Ag selaku kepala MTsS Ulumul Qur'an menyambut baik kegiatan ini dan berharap kerjasama ini berlanjut untuk pembinaan dalam bentuk lainnya. Ibu Jamaliah, M.Pd juga berharap kerjasama baik ini akan tetap dibina untuk mendukung pemerintah. Ada dua acara terpisah dalam kegiatan tersebut yaitu bimtek untuk guru dan motivasi belajar untuk siswa. Novita Diana, S.Pd., M.Pd sebagai ketua tim pelaksanaan bimtek dengan judul "Pengembangan Bahan Ajar Berbasis ICT (Aplikasi Canva dan FlipBook)" mengatakan bahwa guru-guru MTsS Ulumul Qur'an memiliki semangat yang luar biasa dalam melakukan pengembangan diri. Salah satunya untuk peningkatan mutu proses belajar mengajar (PBM). Selama acara semua guru memperlihatkan antusiasme yang tinggi dengan berpartisipasi secara aktif selama kegiatan dari awal sampai akhir acara.

kkn

Acara bersama siswa dipandu oleh alumni dan mahasiswa dalam kegiatan "rangking 1 dan storytelling". Dalam kegiatan ini, mahasiswa dilatih untuk memiliki sikap tanggungjawab dan kerjasama yang baik. Mereka juga mempraktikkan keterampilan berkolaborasi dalam tim untuk menertibkan lebih kurang 150 siswa dalam acara tersebut. "Alhamdulillah kami senang ikut dilibatkan dalam acara seperti ini. Di sini kami bisa belajar bagaimana berinteraksi langsung dengan siswa" kata Nika Aulia yang bertugas mendokumentasikan kegiatan.

Penulis : Fauziah, S.Pd.i., M.Pd.