PERAN IBU SEBAGAI GARDA TERDEPAN PENDIDIKAN ANAK DALAM KELUARGA

admin Berita

Sigli,- Mahasiswa KKN Tematik Universitas Jabal Ghafur Kelompok 3 Genap 2021-2022 sukses menggelar acara Sekolah Parenting dengan judul "Peran Ibu sebagai Garda Terdepan Pendidikan Anak Dalam Keluarga". Acara yang dilaksanakan Selasa tanggal 5 Juli  ini merupakan salah satu rangkaian program KKN dengan tema Pendidikan Non Formal untuk Perempuan.

unigha

Setelah sukses melaksanakan acara Mahasiswa Peduli Stunting (PENTING) sebelumnya, acara ini memperkaya pengalaman mereka baik sebagai pelaksana maupun perencanaan. Ketua pelaksana acara, Qousar mengatakan bahwa pelaksanaan KKN memberikan pengalaman berharga untuknya, begitu juga teman-teman tim yang diberi tanggungjawab masing-masing.

unigha

Supervisor KKNT kelompok 3, Fauziah, S.Pd.I, M.Pd menyebutkan bahwa mahasiswa tidak hanya dituntut untuk menguasai hard skills maka dalam kesempatan KKNT ini mahasiswa juga dilatih untuk menguasai kemapuan soft skills. Mereka belajar dan mempraktikkan kemampuan komunikasi, koordinasi, kolaborasi dan soft skills lainnya dengan sesama anggota kelompok dan masyarakat Bluek Ulee Birah. Keterampilan yang tidak hanya dibutuhkan oleh mereka saat ini tapi juga saat mereka terjun ke dunia kerja.

unigha

Acara ini dihadiri oleh perangkat Desa setempat Ibu-ibu, anak-anak beserta remaja. Geusyik Gampong Bluek Ulee Birah menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada peserta KKN. Selama kehadiran mahasiswa KKN di kampung tersebut banyak membawa manfaat. Salah satunya yaitu dengan beraktivitas di luar, anak anak gampong bluek ulee birah bisa mengurangi ketergantungan mereka dengan gadget.

unigha

Ibu Jamaliah, M.Pd (Dekan FKIP) selaku pemateri dalam acara tersebut menekankan kepada orang tua bagaimana pentingnya pengawasan dari rumah. Tanggung jawab ini tidak hanya terbatas di dunia tapi akan dipertanggung jawabkan sampai akhirat kelak. Tanggung jawab mendidik adalah tanggung jawab bersama mulai dari rumah dan lingkungan disekitar kita.

unigha

Pelaksanaan KKNT ini merupakan bagian dari pwrwujudan pelaksaan dan pengawasan pendidikan sebagai tanggung jawab bersama. Mahasiswa belajar tidak hanya terbatas di kampus tapi juga belajar berinteraksi dengan masyarakat, tutup supervisor KKNT kelompok 3.

Penulis : Fauziah, S.Pd.I., M.Pd.