UNIGHA SELENGGARAKAN SELEKSI TINGKAT WILAYAH DEBAT NUDC DAN KDMI

admin Berita

unigha

Mahasiswa Universitas Jabal Ghafur ikut serta mengikuti seleksi kompetisi nasional yakni lomba debat Bahasa Inggris National University Debating Championship (NUDC) dan lomba debat Bahasa Indonesia Kompetisi Debat Mahasiswa Indonesia (KDMI) tingkat Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi XIII (LLDIKTI-XIII) yang diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia.

Peserta yang mengikuti seleksi NUDC yaitu Munawar Khalil Dan Rizka Humaira mahasiswa/i Program Studi Bahasa Inggris yang dibimbing oleh Farizawati, M.Pd. dan Zaiturrahmi, M.Pd. dan Peserta KDMI yaitu Muhammad Khalid Albar mahasiswa Program Studi D3 Teknik Informatika dan Noratul Emi mahasiswa Program Studi Bahasa Inggris yang dibimbing oleh Darmi,S.Pd., M.Si. dan Nurdiana,S.Pd., M.Pd..

Kepala Biro Kemahasiswaan Muhammad, M.Pd. sekaligus Ketua Panitia seleksi NUDC dan KDMI menyampaikan peserta yang mengikuti seleksi tingkat wilayah ini adalah peserta yang telah lulus seleksi tingkat universitas. Fadlullah, S.E. selaku koordinator pelaksanaan seleksi kompetisi ini menambahkan para peserta ini telah mingikuti bimbingan dan serangkaian pelatihan dari masing - masing dosen pembimbing.

Seleksi Tingkat Wilayah ini menggunakan sistem daring melalui recorded debate berdasarkan tingkat tantangan mosi yang dipersiapkan Puspresnas, yaitu: mosi 1 berupa Narasi Mosi untuk ditanggapi peserta 1; mosi 2 berupa rekaman debat Prime Menister; mosi 3 berupa Rekaman Opening Debate (Opening Government VS Opening Opposition).

Rekaman debat dari ketiga mosi di unggah ke laman YouTube melelalui channel YouTube Kemahasiswaaan Unigha. Dilanjutkan dengan penyalinan tautan Youtube pada laman akun NUDC dan KDMI. Melalui seleksi akan dipilih tim terbaik dari seluruh Perguruan Tinggi di seluruh Aceh yang nantinya akan diikut sertakan pada kompetisi tingkat nasional.

Penulis : Humas / Ulil Azmi, S.Si., M.P.Fis.