UNIGHA JALIN KERJASAMA DENGAN PERPUSTAKAAN NASIONAL RI

admin Berita

Universitas Jabal Ghafur menjalin kerja sama dengan Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas RI),  kedua belah pihak telah menandatangani Nota  Kesepakatan dan kesepahaman pada Kamis 19 Mei 2022  bertempat di Lt. IV Gedung Aula Mawardi Nurdin, Balai Kota Banda aceh. Penandatanganan dilakukan oleh Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Kerjasama Unigha Dr. Rahmi Agustina,  dengan Kepala  Perpusnas RI Drs. Muhammad Syarif Bando, M.M.

unigha

Adapun tujuan penandatanganan Nota Kesepakatan dan kesepemahan adalah untuk memberikan akses yang seluas-luasnya antara perpustakaan perguruan tinggi dengan perpustakaan nasional. Dengan adanya Penandatanganan Nota Kesepakatan dan kesepemahan tersebut mereka bisa saling tukar informasi yang ada di perpustakaan, akses e-jurnal, e-book dan lain-lain.

unigha

Deputi Bidang Pengembangan Sumber Daya Perpustakaan Deni Kurniadi dalam pidatonya menjelaskan ada lima tingkat literasi yang harus dipahami masyarakat Aceh, antara lain kemampuan baca tulis hitung; kemampuan mengakses bahan bacaan terjangkau yang akurat, terkini, terlengkap dan terpercaya; kemampuan memahami yang tersirat dan yang tersurat; kemampuan inovasi dan kreativitas sebagai antisipasi terhadap perkembangan teknologi informasi dan perubahan; kemampuan menciptakan barang/jasa yang dapat digunakan dalam kompetisi global. “Jika semua tingkatan literasi mampu dipahami dengan baik, maka kita tidak akan lagi menjadi masyarakat konsumen. Melainkan masyarakat produsen,” pungkasnya.

unigha

Penandatanganan Nota Kesepakatan dan kesepemahan ini di ikuti oleh pimpinan dari 15 lembaga mitra, diantaranya 12 perguruan tinggi dan 3 pemerintah kab/kota. Ke-12 perguruan tinggi tersebut adalah , Universitas Jabal Ghafur, Universitas Teuku Umar (UTU), Universitas Al Muslim, Universitas Islam Kebangsaan Indonesia, ISI Aceh, IAIN Langsa, IAIN Lhokseumawe. Politeknik Kutaraja, Politeknik Negeri Lhokseumawe Politeknik Aceh, STIKES Muhammadyah Acch dan Universitas Bina Bangsa Getsempena.

unigha

Kegiatan penandatanganan Nota Kesepakatan dan Kesepahaman antara Perpustakaan juga dirangkaikan dengan talk show Peningkatan Indeks Literasi Masyarakat (PILM).

Penulis : (Ulil Azmi, S.Si. M.PFis./ Humas Unigha)