BAN-PT MELAKUKAN PROSES ASESMEN LAPANGAN (AL) UNTUK PROGRAM STUDI AGRIBISNIS UNIGHA

admin Berita

Tanggal 9 s/d 10 Februari 2022, BAN-PT melakukan proses asesmen lapangan (AL) untuk Program Studi Agribisnis secara daring dilakukan berdasarkan surat tugas dari BAN-PT dengan tetap menerapkan standar asesmen yang telah ditentukan. Tim Borang dari Program Studi Agribisnis didampingi Lembaga Penjaminan Mutu Unigha jauh-jauh hari telah pempersiapkan dokumen terkait untuk kelancaran proses Asesmen Lapangan secara daring ini. Kegiatan berlangsung melalui aplikasi zoom meeting.

unigha

Asesor yang ditugaskan BAN-PT melakukan Asesmen Lapangan  adalah Prof. Dr. Ir. Sugianto, MS., dari Universitas Brawijaya dengan latar akademis Sosial Ekonomi Pertanian dan Dr. Ir. Mais Ilsan,M.P. dari Universitas Muslim Indonesia dengan latar akademis Sosial Ekonomi Pertanian. Kedua Asesor melakukan konfirmasi dokumen akreditasi yang telah disiapkan oleh Prodi dengan kenyataan di lapangan.

unigha

Kegiatan Asesmen Lapangan pada hari pertama sesi pertama dimulai dengan sambutan dari Rektor Universitas Jabal Ghafur Bapak Prof. Bansu I. Ansari, M.Pd., dilanjutkan dengan presentasi dari Wakil Dekan I Fakultas Pertanian Bapak Ir. Khalidin, M.P. dan Ketua Prodi Agribisnis Ibu Safrika, S.P, M.M. dan diikuti dengan konfirmasi terkait pengembangan UPPS oleh ibu Safrika. Serta konfimasi data LKPS bersama Ketua dan Sekretaris LPMU Bapak Herizal,S.E., M.M. dan Ibu Mirunnisa, S.Pd., M.Pd. Pada sesi kedua Kegiatan Asesmen Lapangan dilanjutkan dengan komfirmasi data dan informasi dalam LED  kepada ketua PS , LPMU dan Tim akreditasi lainnya. Kemudian dilanjutkan dengan wawancara alumni alumni dan orang tua mahasiswa.

Pada Hari kedua kegiatan Asesmen Lapangan para asesor melakukan konfirmasi terhadap dosen, tenaga kependidikan, dan mahasiswa.  Semua pihak yang ikut berpartisipasi  diminta memberikan keterangan sesuai pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh kedua asesor. Selanjutnya asesor melakukan kerja mandiri untuk merangkum keterangan hasil verifikasi dari semua pihak dan memberikan feedback atas seluruh rangkaian asesmen selama 2 hari ini. Sesi terakhir pada proses asesmen ini ditutup Rektor Universitas Jabal Ghafur, dalam penutupannya rektor menyampaikan terimakasih kepada tim asesor yang sangat kooperatif dan banyak memberi masukan bagi kemajuan Unigha khususnya Prodi Agribisnis, tidak lupa Rektor menyampaikan apresiasi kepada Prodi Agribisnis yang telah bekerja keras melakukan persiapan dokumen dan hal lainnya terkait asesmen lapangan ini, rektor juga menyampaikan harapan besar melalui asesmen lapangan ini agar Unigha khususnya Prodi Agribisnis dapat menjadi pusat belajar Masyarakat Pidie  dan menjadikan komoditas emping melinjo menjadi icon komoditas Prodi Agribisnis.

Penulis : Humas / Ulil Azmi, S.Si., M.PFis.