LPPM UNIGHA MENGADAKAN BIMBINGAN TEKNIK PENULISAN PROPOSAL PENELITIAN DAN PKM TA 2022

admin Berita

unigha

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Jabal Ghafur mengadakan Bimbingan Teknik Penulisan Proposal penelitian dan PKM TA 2022  pada hari Selasa, 28 Desember 2021. Acara ini di hadiri oleh pemateri dari Universitas Syiah Kuala yaitu Dr. Rahmat Fadhil,S.Tp.,M.Sc dan Mujiburrahmad, SP.,M.Si di dampingi oleh Rektor Unigha Prof. Dr. Bansu I Ansari, M.Pd. Dalam sambutannya Prof. Bansu mengatakan bahwa setiap Dosen di lingkungan Unigha harus melaksanakan kewajiban Tri Dharma Perguruan Tinggi dengan baik termasuk Penelitian dan Pengabdian kepada masyarakat serta mengajak semua dosen untuk mengikuti program bimtek ini dengan serius dan antusias.  Ka.LPPM Unigha, Mustakim Sagita, M.Pd dalam laporan panitia juga mengatakan acara bimbingan teknik penulisan proposal penelitian seperti ini sangat bagus untuk diikuti dan ke depannya LPPM Unigha akan terus berupaya untuk bisa mengadakan acara Bimbingan teknik seperti ini lagi.

unigha

Sesi pertama pada bimtek tersebut dimulai pukul 10:00 wib sampai pukul 12:00 oleh pemateri pertama yaitu Bapak Dr. Rahmat Fadhil,S.Tp.,M.Sc dengan tema penulisan proposal penelitian, bagaimana menulis proposal yang baik dan benar serta apa yang reviewer inginkan dalam sebuah proposal. Diskusi dalam sesi ini juga termasuk bagaimana membuat luaran penelitian, roadmap penelitian, dan lain sebagainya. 

Sesi selanjutnya dimulai pukul 14:00 wib sampai pukul 16:00 wib oleh pemateri ke dua yaitu Bapak Mujiburrahmad,SP.,M.Si. Sesi ini berdiskusi tentang Program Kemitraan Masyarakat sesuai dengan panduan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat edisi  XIII serta dalam sesi ini juga pemateri dan dosen berdiskusi tentang bagaimana persyaratan umum pengusulan proposal pengabdian kepada masyarakat serta prinsip-prinsip dasar dalam pengabdian kepada masyarakat dan hal lain yang dianggap perlu.

unigha

Pembahasan dan diskusi kedua sesi dalam bimtek tersebut sangat membantu para dosen Unigha yang telah hadir dan membantu dosen mempersiapkan proposal penelitian dan PKM Ta 2022 pada pengusulan, penyeleksian/penunjukan, penetapan, pelaksanaan, monitoring dan evaluasi, pelaporan dan penilaian keluaran dan hal-hal lain. Kegiatan ini berjalan lancar dan mematuhi protocol kesehatan, dengan dihadiri oleh 35 orang Dosen Unigha yang sudah mempunyai proposal penelitian untuk diajukan pada program Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat TA 2022. Acara bimtek tersebut dilaksanakan di Gedung Nurdin Abdurrahman, Keunire, Sigli. (29/12/2021 oleh LPPM)