ABDI DESA HIMAGRI

admin Berita

unigha

Sabang - Himpunan Mahasiswa Agrbisnis Universitas Jabal Ghafur ( HIMAGRI UNIGHA) yang tergabung kedalam Perhimpunan Organisasi Profesi Mahasiswa Sosial Ekonomi Pertanian Indonesian (POPMASEPI) Wilayah 1 Sumatra melakukan kegiatan Abdi Desa Regional Aceh yang di lakukan di Desa Jaboi Kota Sabang (Rabu, 03/11/2021)

Kegiatan Abdi Desa ini di ikuti oleh 7 Universitas yang ada di provinsi Aceh yaitu Universitas Syiah Kuala (USK), Universitas Teuku Umar (UTU), Universitas Jabal Ghafur (UNIGHA), Universitas Al Muslim, Universitas Samudra (UNSAM), Universitas Gajah Putih (UGP) dan Universitas Malikussaleh (UNIMAL).

Kegiatan yang berlangsung selama 2 hari yaitu pada tanggal 3-4 November ini di ikuti oleh 70 mahasiswa perwakilan dari masing-masing Universitas yang tergabung dalam DPW 1 POPMASEPI. Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk perwujudan dari Tri Darma Perguruan Tinggi. Pelaksanaan Tri Dharma pengabdian masyarakat yang dalam realisasinya juga melibatkan dua dharma lainnya yaitu Pendidikan dan Penelitian. Kegiatan Ini Mengusung Tema "Mewujudkan Kesejahteraan Dengan Membangun Asa, Karya dan Kreatifitas Masyarakat Melalui Potensi Alam."

Kedatangan mahasiswa langsung disambut hangat oleh geuchik setempat. Dalam sambutannya Bapak Rahman ( Geuchik Gampong Jaboi) mengucapkan Terimakasih banyak kepada seluruh mahasiswa yang sudah berkunjung ke Gampong Jaboi,semoga dgn kehadiran rekan mahasiswa dapat membawa dampak positif bagi Gampong Jaboi.

Gampong Jaboi juga sedang dalam proses pembangunan terutama di sektor pariwisata nya. Ada beberapa tempat wisata di Gampong Jaboi di antaranya  Gunung Berapi, Sumber Air Panas, Tempat Snorkling, dan Wisata sejarah. Gampong Jaboi juga merupakan penghasilan buah Jamblang di Kota Sabang."Semoga dgn kedatangan mahasiswa ini dpt memperkenalkan Gampong jaboi lebih luas lagi", ujar nya lagi

Dalam kegiatan ini, panitia juga mengadakan Focus Group Discution (FGD) antara mahasiswa dan tokoh-tokoh masyarakat yang membahas tentang cara mengembangkan potensi-potensi yang ada di Gampong Jaboi ini. Selain itu peserta kegiatan Abdi Desa ini juga melakukan kegiatan penanaman tanaman mangrove di Gampong Jaboi. (Humas Unigha)