PRAKTIKUM MAHASISWA FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS JABAL GHAFUR

admin Berita

pertanian

Mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Jabal Ghafur mengikuti Kuliah Lapangan/Praktikum di Ulim, Pidie Jaya (Sabtu, 26 Juni 2021). Kegiatan Praktikum ini terdiri dari beberapa Mata Kuliah yaitu PengelolaanTanaman Perkebunan, Teknologi Benih, Konservasi Sumber Daya Lahan, Pelestarian Sumber Daya Hayati, dan Budidaya Tanaman Perkebunan yang berlangsung di Kebun Kakao Desa Tanjong Kecamatan Ulim, Kabupaten Pidie Jaya.

Pemiliknya bernama Bapak Muajir. Mahasiswa Unigha tiba di lokasi pada pukul 09.00 pagi, sebelum terjun ke kebun, pak Muajir memberikan teori mengenai  penanaman kakao khususnya teknik melakukan okulasi dan sambung pucuk, sambil mempraktekkan okulasi beliau memberikan arahan dan nasehat kepada mahasiswa sebagai praktisi yang sudah berpengalaman di bidang agroteknologi dan agribisnis, beliau  mengharapkan mahasiswa untuk lebih kreatif dalam mengaplikasikan ilmu,  jangan hanya mengharapkan menjadi ASN semata.

pertanian

Beliau mencontohkan bisnis kakao yang beliau tekuni yang memberikan kesempatan, penghasilan dan peluang kerja yang sangat menjanjikan, tentu saja jika dikerjakan dengan sungguh sungguh.  Apalagi teknik melakukan okulasi saat ini masih sangat memerlukan  tenaga kerja yang ahli di Aceh. Perkebunan Cacao milik pak muajir saat ini masih mengundang tenaga kerja dari Sumatera Utara untuk melakukan teknik okulasi, sehingga kesempatan untuk mahasiswa Aceh Unigha khususnya masih sangat besar.

pertanian

Pak Muajir menginginkan setelah kegiatan ini mahasiswa diberi kesempatan sebesar-besarnya  untuk mengasah kembali ilmu tentang okulasi kakao, pintu selalu terbuka imbuhnya. Kegiatan ini diikuti oleh 20 orang mahasiswa Agroteknologi, 5 orang mahasiswa Agribisnis, dan 4 orang dosen pengampu, kegiatan  berlangsung lancar tanpa hambatan apapun yang dimulai dari pukul 10.00 pagi s/d pukul 16.30 wib. (*Humas Unigha)